Profil Gibraltar, Negara Ranking 200 FIFA yang Dibombardir 51 Tembakan oleh Timnas Belanda

Gibraltar jadi bulan-bulanan Belanda, tetapi menariknya hanya tiga gol yang mampu bersarang di gawang

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 28 Maret 2023 | 14:00 WIB
Pemain Belanda menyapa para pemain Gibraltar usai pertandingan Kualifikasi Grup B Euro 2024 di Stadion Feijenoord 'De Kuip', Rotterdam, pada 27 Maret 2023. (John This/AFP)

Pemain Belanda menyapa para pemain Gibraltar usai pertandingan Kualifikasi Grup B Euro 2024 di Stadion Feijenoord 'De Kuip', Rotterdam, pada 27 Maret 2023. (John This/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Belanda sukses menggulung Gibraltar pada pertandingan kedua Grup B Kualifikasi Piala Euro 2024 yang berlangsung Selasa (28/3/2023) dini hari WIB.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Feijenoord, Timnas Belanda yang sudah tampil dominan sejak awal pertandingan memang hanya bisa menang dengan skor 3-0 atas Gibraltar.

Tiga gol De Oranje ke gawang Gibraltar pada pertandingan ini disumbangkan oleh Memphis Depay (23’). Adapun dua gol lainnya diborong oleh Nathan Ake (50’ dan 82’).

Baca Juga: Pakai Jersey Bertuliskan Anak Hitler, Suporter Jerman Dilarang Masuk ke Stadion

Catatan kemenangan yang diraih oleh Timnas Belanda ini memang cukup memprihatinkan. Pasalnya, sepanjang pertandingan, mereka tercatat melepaskan total 51 tembakan.

Namun, dari semua itu hanya ada 12 yang menemui sasaran, di mana tiga di antaranya bisa dimaksimalkan menjadi gol. Tak hanya itu saja, dominasi Belanda juga terlihat dalam penguasaan bola.

Mereka tercatat mendominasi penguasaan ini mencapai 87%, sedangkan Gibraltar hanya bisa mencatatkan 13% penguasaan bola. Hal inilah yang kemudian membuat Virgil Van Dijk merasa tak puas dengan performa timnya.

Baca Juga: Pemain Asing Garuda Select Ikut Bukber, Takjub dengan Cita Rasa Makanan Indonesia

"Kami ceroboh dalam penguasaan bola. Ini malam yang sangat sulit," ujar Van Dijk seperti dilansir ESPN.

"Kami berharap bisa menghancurkan mereka, tapi mencetak tiga gol ketika kami seharusnya bisa mencetak lebih banyak lagi. Itulah yang harus kami perbaiki untuk periode berikutnya," katanya. Apalagi, sejatinya kekuatan Timnas Belanda dan Gibraltar sangat kontras. 

Profil Timnas Gibraltar

Baca Juga: Dirumorkan Gantikan Indonesia, Timnas Peru Malah Alami Nasib Nahas

Timnas Gibraltar memang menjadi salah satu tim nasional negara yang kekuatannya terhitung paling lemah di Eropa. Timnas ini berada langsung di bawah wewenang Gibraltar Football Association.

Mereka juga sudah bergabung secara penuh sebagai anggota Union of European Football Associations (UEFA) sejak diterima oleh Kongres UEFA pada Mei 2013.

Dengan hal ini, mereka bisa berkompetisi di semua kejuaraan yang berada di bawah pengelolaan UEFA dimulai pada 2015 ketika mereka tampil di Kualifikasi UEFA Euro 2016.

Baca Juga: Sudah Persiapan Lama, Dony Tri Pamungkas Tanggapi Potensi Piala Dunia U-20 2023 Batal Digelar di Indonesia

Baru pada 13 Mei 2016, Gibraltar menjadi anggota FIFA yang diterima oleh Kongres yang ke-66 di Mexico City. Sebagai informasi, Gibraltar merupakan negara terkecil kedua di Eropa jika berbicara soal populasi dan luas wilayahnya. Mereka hanya unggul dari San Marino yang berstatus sebagai negara dengan populasi.

Jika merujuk pada ranking FIFA untuk sepak bola putra dunia, posisi Gibraltar memang cukup memprihatinkan. Sebab, mereka berada di peringkat ke-200 dengan koleksi poin sebesar 858,04 poin.

Dengan kata lain, Gibraltar menduduki urutan ketiga terbawah dalam ranking FIFA. Mereka hanya unggul dari dua negara lainnya seperti Eritrea (201) dan Aruba (202).

Sebelum diterima menjadi anggota UEFA, Timnas Gibraltar awalnya bermain di Stadion Victoria, sebuah venue berskala nasional di Gibraltar yang dapat menampung 5.000 penonton.

Karena keterbatasan fasilitas, Timnas Gibraltar kerap kali memainkan pertandingan kandangnya di Estadio Algarve yang terletak di Portugal.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak