Sepak Bola Indonesia Sibuk Polemik, Negara Tetangga Sukses Juarai Piala Merlion 2023

Di tengah perang kepentingan di Tanah Air, negara tetangga terus tumbuh dengan menjuarai Piala Merlion, turnamen menjelang SEA Games 2023.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 27 Maret 2023 | 09:58 WIB
Malaysia juarai Piala Merlion 2023. (Dok. FAM)

Malaysia juarai Piala Merlion 2023. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Di tengah sepak bola Indonesia yang tengah sibuk dengan polemik, negara tetangga Malaysia terus tumbuh dengan sukses menjuarai turnamen yang bernama Piala Merlion 2023.

Piala Merlion merupakan turnamen sepak bola U-23 yang diadakan oleh Federasi Sepak Bola Singapura (FAS). Pada edisi 2023, ada empat peserta, yakni Singapura, Malaysia, Kamboja, dan Hong Kong.

Kepastian juara Malaysia didapat setelah mereka sukses mengalahkan Hong Kong dengan skor 2-1 pada partai final yang dilangsungkan di Stadion Jalan Besar, Singapura, Senin (27/3/2023).

Baca Juga: Heboh Indonesia Terancam Batal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Media Vietnam: Sepak Bola Indonesia Terseok-seok

kemenangan Malaysia dilesakkan oleh Najmudin Akmal pada menit ke-74 dan Safwan Mazlan empat menit kemudian. Satu gol balasan Hong Kong dicetak oleh Lau Ka Kiu (80').

Meski bukan turnamen resmi buatan Federasi Sepak Asia Tenggara (AFF) atau FIFA, keberhasilan Malaysia tentu menjadi hasil positif bagi mereka sebelum menghadapi ajang SEA Games 2023 yang akan bergulir pada 5-17 Mei mendatang.

Sementara itu, di tengah keberhasilan Malaysia, Indonesia justru sibuk berpolemik soal kehadiran Israel untuk 'bermain sepak bola' di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga: Susah Payah Lolos ke Piala Asia, Menunggu 17 Tahun, Kini Terancam Batal Main

Ada beberapa pihak yang menolak segerombolan pemuda Israel yang hadir untuk tampil di event sepak bola. Alhasil, FIFA kini resmi menbatalkan drawing pada 31 Maret 2023.

Kondisi ini membuat PSSI fokus untuk 'merayu' FIFA agar tidak turut membatalkan perhelatan Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air. Tentu berharap tak ada sanksi yang merugikan sepak bola Indonesia.

Bagaimana sepak bola Indonesia, mau sampai kapan perang kepentingan?

Baca Juga: Pernah Dibantai Prancis U-20 saat Bela Timnas Indonesia, Justin Hubner Tuntaskan Misi Balas Dendam Bareng Belanda U-20

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak