Kisah Timnas Malaysia saat Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 1997, Langsung Gugur di Fase Awal

Indonesia semoga tidak bernasib sama

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 26 Maret 2023 | 13:58 WIB
Malaysia saat tampil di Piala Dunia U-20 1997. (Twitter/@its_matIm)

Malaysia saat tampil di Piala Dunia U-20 1997. (Twitter/@its_matIm)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia pernah menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 1997. Sayangnya, perjuangan mereka sebagai tuan rumah tak bisa dibanggakan karena langkahnya terhenti sejak awal.

Saat itu, Timnas Malaysia U-20 mendapat tiket otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 1997 karena statusnya sebagai tuan rumah. Sementara itu, empat negara Asia yang lolos ialah China, Jepang, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab.

Pada fase drawing, Timnas Malaysia U-20 yang tergabung di Grup A pun harus bersaing dengan sejumlah negara elite seperti Uruguay, Belgia, dan Maroko.

Baca Juga: Gacor, Striker Jangkung Garuda Select Kembali Cetak Gol

Saat menghadapi para pesaingnya itu, skuad muda Harimau Malaya justru menjadi bulan-bulanan. Mereka selalu menelan kekalahan dari tiga pertandingan yang tersaji di Grup A Piala Dunia U-20 1997.

Tercatat, Timnas Malaysia U-20 tumbang dari Maroko (1-3), Uruguay (1-3), dan Belgia (0-3). Dengan tiga kekalahan ini, Malaysia harus menjadi penghuni juru kunci klasemen akhir Grup A.

Salah satu yang menarik dari gelaran Piala Dunia U-20 1997 yang berlangsung di Malaysia ialah munculnya sederet pemain muda yang kelak menjadi bintang di dunia.

Baca Juga: Timnas Indonesia Menang 3-1 atas Burundi, Begini Reaksi Riko Simanjuntak

Nama-nama ini tentu sudah tak asing bagi pecinta sepak bola. Mereka adalah David Trezeguet, Lionel Scaloni, Esteban Cambiasso, Michael Owen, Jamie Carragher, hingga Thierry Henry.

Kegagalan Timnas Malaysia U-20 yang hanya bisa mengakhiri persaingan di fase grup memang tak mengagetkan jika melihat kekuatan lawan yang mereka hadapi. 

Salah satu yang sangat luar biasa ialah Uruguay. Sebab, pada akhirnya Timnas Uruguay U-20 berhasil melaju hingga babak final Piala Dunia U-20 1997.

Baca Juga: Batal Debut, Sandy Walsh Tulis Tiga Kata usai Timnas Indonesia Pecundangi Burundi

Mereka sukses melibas Amerika Serikat (3-0) di fase 16 besar, menggasak Prancis via adu penalti di babak perempat final, lalu menggulung Ghana dengan skor 3-2 di semifinal.

Sayangnya, Timnas Uruguay U-20 harus puas menjadi runner-up setelah mereka tumbang dengan skor tipis 1-2 dari Argentina pada partai final.

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia Berpotensi Meroket Tajam, Ini Syarat yang Harus Dilalui

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalan berliku telah dilewati Bojan Hodak dengan mendongkrak posisi Persib yang di awal musim ada di papan bawah.Kini kemenangan luar atas Madura United mengantarkan Bojan Hodak berpeluang mencatat sejarah luar.

bolaindonesia | 14:51 WIB

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB
Tampilkan lebih banyak