2 Pesepak Bola Top yang Ngaku Punya Paspor Indonesia, Nyaris Dipanggil Timnas

Ngaku punya paspor Indonesia, dua pesepak bola ini nyaris dipanggil timnas.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 24 Maret 2023 | 17:15 WIB
Driss Fettouhi pemain Maroko yang punya paspor Indonesia. (Instagram/df_33)

Driss Fettouhi pemain Maroko yang punya paspor Indonesia. (Instagram/df_33)

Bolatimes.com - Terdapat dua pemain top yang sempat mengaku memiliki paspor Indonesia, di mana salah satunya hampir dipanggil oleh timnas. Siapa saja pemain itu?

Persoalan mengenai paspor Indonesia selalu menjadi topik hangat yang kerap diperbincangkan di kalangan pecinta sepak bola Tanah Air.

Pasalnya, paspor Indonesia ini berkaitan dengan para pemain naturalisasi ataupun para pemain keturunan yang berada di luar negeri.

Baca Juga: Profil Jeonbuk Hyundai, Klub Elite Korsel yang akan Hadapi PSSI All Stars

Sebagaimana diketahui, sepak bola Indonesia memang tengah gencar melakukan naturalisasi terhadap pemain keturunan agar mau menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan memegang paspor Indonesia.

Tak hanya menaturalisasi pemain keturunan, Timnas juga menjaring para pemain yang punya paspor Indonesia di luar negeri, seperti Welberlieskott de Halim Jardim yang ada di Brasil, agar membela Merah Putih.

Berbicara soal paspor ini, pecinta sepak bola Indonesia sempat terkena ‘prank’ dari dua pemain top yang mengaku punya paspor Indonesia.

Baca Juga: Malaysia Berpotensi Naik ke Peringkat 139 Dunia usai Taklukkan Turkmenistan, Indonesia Jangan Mau Kalah!

Bahkan, salah satu pemain itu nyaris dipanggil Timnas Indonesia, sebelum kedoknya yang mengaku punya paspor Indonesia ternyata hanya bualan semata.

Siapa saja pemain itu? Berikut daftarnya.

1. Driss Fettouhi

Baca Juga: Timnas Indonesia Cuma Naik Satu Peringkat jika Dua Kali Kalahkan Burundi, Begini Hitungannya

Driss Fettouhi pemain Maroko yang punya paspor Indonesia. (Instagram/df_33)
Driss Fettouhi pemain Maroko yang punya paspor Indonesia. (Instagram/df_33)

Driss Fettouhi merupakan pesepak bola asal Maroko. Ia dulu sempat mengaku memiliki paspor Indonesia demi karier sepak bolanya.

Pengakuan ini dilakukan pria yang kini berusia 33 tahun itu agar dirinya bisa bermain bagi klub Asia asal Qatar, yakni Al Kharaitiyat SC.

Adanya kabar ini pun membuat Alfred Riedl, pelatih Timnas Indonesia pada 2016 lalu, tertarik membawanya ke Piala AFF 2016.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Indonesia yang Diprediksi Bobol Gawang Burundi, Momen Buat Dimas Drajad Unjuk Gigi

Setelah ditelusuri ternyata Driss Fettouhi tak punya paspor Indonesia, sehingga timnya pun kemudian mencoretnya.

Usai dicoret, Driss Fettouhi kemudian melanjutkan kariernya di Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan kini bermain di Qatar bersama Al-Markhiya SC.

2. Wanderley Santos

Wanderley Santos. (Dok. UAE Football Association)
Wanderley Santos. (Dok. UAE Football Association)

Jagat sepak bola Indonesia sempat dikejutkan dengan pengakuan pemain asal Brasil, Wanderley Santos Monteiro Junior, yang mengaku punya paspor Indonesia.

Hal ini diketahui pada 2016 lalu, saat Wanderley Junior akan bergabung klub Liga Uni Emirat Arab, yakni Al Nassr.

Informasi ini pertama kali diedarkan oleh akun Twitter @UEAKicks yang menyebut Wanderley merupakan bintang baru Al Nassr asal Indonesia.

Karena ada informasi itu, pihak imigrasi Indonesia melakukan pengecekan dan didapati bahwa Wanderley tak pernah punya paspor Indonesia.

Alhasil, Wanderley mendapat hukuman larangan tampil tiga bulan di seluruh ajang sepak bola dan Al Nassr selaku klubnya mendapat hukuman larangan bertanding 10 kali dan tak boleh tampil di kompetisi AFC selama dua tahun.

Kini Wanderley sendiri berstatus pengangguran usai tak memiliki klub terhitung sejak tahun 2021 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak