CEK FAKTA: Wonderkid Sao Paulo Dikabarkan Siap Bela Timnas Indonesia U-20, Benarkah?

Muncul narasi di sebuah akun Youtube yang menyebut bahwa wonderkid Sao Paulo dikabarkan siap bela Timnas Indonesia U-20, benarkah?

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 17 Maret 2023 | 06:24 WIB
Welberlieskott de Halim Jardim, pemain keturunan Indonesia-Brasil. (Instagram/@welber07official)

Welberlieskott de Halim Jardim, pemain keturunan Indonesia-Brasil. (Instagram/@welber07official)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Timnas Space menggiring narasi bahwa Indra Sjafri selaku pelatih timnas U-22 Indonesia memanggil pemain keturunan yang berkarier untuk Sao Paulo di Liga Brasil.

Memuat judul 'Penuhi Panggilan TC Timnas U-22! Sao Paulo Lepas Wonderkid-nya - Pemain Timnas Cetak Sejarah'.

Kanal YouTube tersebut menarasikan Indra Sjafri memanggil Welberlieskott de Halim Jardim, pemain berdarah Indonesia di Brasil.

Baca Juga: Beda Nasib Egy dan Sandy Walsh, Sama-sama Cedera tapi Dipanggil ke Timnas Indonesia

Yang saat ini bermain di tim muda Sao Paulo, bahkan dikabarkan mendapat kontrak jangka panjang dari salah satu tim raksasa Amerika Selatan itu.

Memanfaatkan momentum pemanggilan pemain yang dilakukan Indra Sjafri selaku pelatih timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023.

Baca Juga: Punya Sejarah Manis, Momen Timnas Indonesia Hajar Palestina 4-1 di Stadion Manahan

Meski memuat judul demikian, namun awalnnya Timnas Space menjelaskan pemanggilan pemain keturunan Jepang, Seiya da Costa Lay.

Pemain kelahiran Hiroshima yang saat ini bermain untuk Arema FC, namanya masuk ke dalam 34 pemain di pemusatan latihan (TC) timnas U-22 tahap kedua.

Barulah setelah itu dijelaskan perihal  Welberlieskott de Halim Jardim yang disebut kanal YouTube Space Timnas telah dipanggil pemusatan latihan.

Baca Juga: 3 Wakil Italia Lolos ke Perempat Final Liga Champions sejak 17 Tahun Lalu, Sinyal Balik ke Masa Jaya?

SEA Games 2023 digelar di Kamboja pada 5-17 Mei 2023, khusus untuk cabang olahraga (Cabor) sepak bola akan dimulai lebih dulu pada 29 April 2023.

PENJELASAN

Baru-baru ini Indra Sjafri memang dikabarkan telah menyetor sebanyak 50 nama pemain ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Kamis (16/3/2023).

Baca Juga: Kisah Timnas Indonesia Tolak Lawan Israel, Berujung Gagal Tampil di Piala Dunia

Para pemain berasal dari klub Liga 1 dan Liga 2, sebanyak 50 pemain entry by name untuk SEA Games 2023 dna dipastikan tidak ada dari luar negeri.

"Jadi, hari ini, kami harus mendaftarkan pemain sebanyak 50 nama ke KOI," ucap Indra Sjafri.

"Setelah ini, kami akan meeting, diskusi dengan para pelatih. Siang nanti, kami akan kasih 50 pemain.''

"21 pemain dari pemain-pemain Liga 1, dan 29 pemain teman-teman yang ada dari Liga 2.''

"Ada reguler 15 pemain yang selalu dapat jam bermain, dan ada 6 yang jam bermainnya gak terlalu banyak, tapi kami simpulkan akan didaftarkan," imbuhnya.

Sementara itu, perihal pemanggilan Welberlieskott de Halim Jardim sempat diwartakan Bolatimes.com jauh sebelum itu, tepatnya setahun yang lalu pada 24 Maret 2022.

Kala itu, Welber Lielyana selaku ibu Halim Jardim mengaku membuka lebar kesempatan anaknya membela timnas Indonesia.

Namun menurutnya kemauan terhadap proses itu harus berasal dari PSSI dan agen sang pemain, Clube Sao Paulo.

 Welberlieskott de Halim Jardim atau bisa dipanggil Welber Halim. (Instagram)
Welberlieskott de Halim Jardim atau bisa dipanggil Welber Halim. (Instagram)

"Saya sebagai ibu juga suami saya yg pernah main di Indonesia mau sekali dia bergabung untuk membela timnas Indonesia di Piala Dunia nanti," kata Lielyana saat dihubungi Rabu (23/3/2022).

"Prosesnya bukan kemauan dari kita tapi diantara PSSI Indonesia dengan agen dan Clube Sao Paulo.''

"Sekarang Welber lagi fokus latihan dan persiapan utk kompetisi bulan April 2022. Kompetisi Paulista untuk kota Sao Paulo.''

"Betul Welber diperpanjang kontraknya dari bulan November kemarin. Dan Januari 2020 sudah mulai persiapan untuk kompetisi nasional dari kategorinya.''

"Dari itu ada terjadi Pandemi COVID-19 dan terpaksa dihentikan semua kegiatan mereka dari profesional sampai usia bawah." imbuhnya.

KESIMPULAN

Narasi Timnas Space yang menggiring opini liar berdasarkan data satu tahun yang lalu tentu tidak dibenarkan.

Wacana Welberlieskott de Halim Jardim membela timnas Indonesia memang ada, namun hingga saat ini PSSI tidak melakukan pemanggilan.

Apalagi untuk skuad yang dipimpin Indra Sjafri pada SEA Games 2023, sebanyak 50 nama yang dipanggil berasal dari kompetisi domestik.

Sehingga narasi yang diwartakan Space Timnas lewat platform YouTube adalah murni hoaks alias berita bohong.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak