CEK FAKTA: Fasih Bahasa Jawa, Pemain Keturunan Ini Siap Bela Timnas Indonesia, Benarkah?

Beredar narasi dalam sebuah video menyebut pemain keturunan yang fasih berbahasa jawa ini siap bela Timnas Indonesia, benarkah?

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 16 Maret 2023 | 18:57 WIB
Irfan Karijowidjojo. (dok. adodenhaagjeugd.nl)

Irfan Karijowidjojo. (dok. adodenhaagjeugd.nl)

Bolatimes.com - Beredar informasi yang menyebutkan bahwa pemain keturunan yang fasih bahasa Jawa siap membela Timnas Indonesia. Benarkah?

Informasi ini hadir melalui sebuah video yang diunggah oleh kanal YouTube bernama Kreator Bola, yang mengklaim pemain keturunan penuhi panggilan Timnas Indonesia.

Klaim tersebut terlihat dalam judul video yang diunggah Kreator Bola. Dalam pantauan Bolatimes.com video hadir belum terbilang lama yakni pada 10 Maret 2023.

Baca Juga: Babak Baru Skandal Dugaan Suap Barcelona: Hakim Perintahkan Pemeriksaan Bartomeu dkk

“FASIH BAHASA JAWA!! PEMAIN KETURUNAN PENUHI PANGGILAN PSSI BELA TIMNAS - TINGGINYA 198 CM,” bunyi judul video tersebut.

Hingga artikel ini dibuat, Kamis (16/3) pukul 16.50 WIB, video tersebut telah ditonton sebanyak 30 ribu lebih dan mendapat 39 komentar dari netizen.

Baca Juga: PSSI-nya Spanyol Buka Suara Soal Skandal Dugaan Suap Barcelona

PENJELASAN

Dalam video berdurasi 3 menit 18 detik tersebut, narator membuka video dengan menyebutkan Timnas Indonesia berpeluang tampil baik di ajang Piala Asia dan Piala Dunia U-20 2023.

Lalu video tersebut menyebutkan penampilan Timnas Indonesia tak terlalu buruk meski gagal di Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga: Karim Benzema Dikabarkan Perpanjang Kontrak: 15 Musim Mengabdi di Real Madrid

Lalu video itu menyebut bahwa Timnas Indonesia harus memberikan beberapa opsi agar PSSI mau menaturalisasi pemain-pemain keturunan.

Salah satu pemain yang disebut video tersebut adalah Irfan Karijowidjojo, yang disebut bukanlah sosok asing karena memiliki nama yang begitu ‘Jawa’.

Selanjutnya video tersebut membahas sepak terjang Irfan Karijodwijojo bersama timnya ADO Den Haag dan baru saja dipanggil ke Timnas Belanda kelompok umur.

Baca Juga: Carlo Ancelotti Impikan Real Madrid Bertemu AC Milan di Final Liga Champions

Selain itu, video tersebut mengklaim bahwa pemain keturunan yang ada di Belanda ini disebutkan mau membela Timnas Indonesia.

KESIMPULAN

Dengan penjelasan di atas serta judul yang tertera di video itu, bisa disimpulkan bahwa klaim video Kreator Bola tersebut tak sesuai dengan fakta yang ada.

Jika melihat judul video tersebut, tertulis bahwa pemain keturunan ini fasih berbahasa Jawa. Namun faktanya, di video itu tak ada narasi yang menyebutkan Irfan Karijowidjojo fasih berbahasa Jawa.

Lalu judul video itu juga menuliskan postur tubuh yakni tinggi 198 cm. Sedangkan dalam narasinya, disebutkan bahwa Irfan Karijowidjojo hanya berpostur 180 an cm.

Untuk klaim bahwa Irfan Karijowidjojo penuhi panggilan Timnas Indonesia, video tersebut pun tak menceritakan detail pemanggilan itu.

Bahkan dalam pantauan Bolatimes.com, tak ada pernyataan Irfan Karijowidjojo ingin membela Timnas Indonesia seperti pernyataan yang ada dalam video unggahan Kreator Bola.

Malahan, Irfan Karijowidjojo saat ini tercatat membela Timnas Belanda U-16 seperti laporan yang terlihat dari berbagai media masa pada awal Maret 2022 lalu.

Dengan melihat video dan bukti yang ada di lapangan, informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola tersebut termasuk dalam kategori disinformasi dan hoaks.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak