Profil AS Academica, Klub Timor Leste yang Resmi Rekrut Dua Pemain Muda Indonesia

Seberapa bagus AS Academica, klub Timor Leste yang boyong dua talenta muda Indonesia?

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 09 Maret 2023 | 18:00 WIB
Klub Timor Leste, AS Academica. (Facebook/Académica C.F)

Klub Timor Leste, AS Academica. (Facebook/Académica C.F)

Bolatimes.com - Eksodus pemain Liga 2 dan Liga 3 Indonesia ke Timor Leste berlanjut, kali ini Accademica FC salah satu klub besar negara tersebut merekrut dua pemain muda Tanah Air.

Dampak dari dihentikannya kompetisi Liga 2 dan Liga 3, banyak pemain Indonesia yang memilih hijrah ke luar negeri menyandang status pemain abroad.

Menariknya Timor Leste menjadi destinasi paling banyak diminati para pemain dari kompetisi kasta kedua dan ketigha Tanah Air itu.

Baca Juga: Kenya Bagikan Jadwal Pertandingan di FIFA Matchday, Timnas Indonesia Tidak Tercantum Jadi Lawan

Klub kasta teratas Liga Timor Leste, Accademica FC resmi merekrut dua pemain muda asal Indonesia untuk musim 2023 mendatang.

Dua pemain yang dimaksud, Dani Ardianto berposisi sebagai bek tengah dengan usia yang masih 23 tahun dan Yano Putra, gelandang berusia 19 tahun.

Sebelumnya Dani bermain di Liga 3 Banten dan Yano bermain di Liga 3 Bali, keduanya pun sudah melakukan debut untuk AS Accademica FC.

Baca Juga: Sempat Dicuekin Klub Jepang, Chanathip Songkrasin Buka Keran Gol di Musim Ini

Menariknya Yano yang berposisi sebagai gelandang sukses mencetak gol di laga debutnya dengan status pemain abroad bersama tim baru di Timor Leste.

Banyak pemain Liga Indonesia yang memutuskan berkarier di Timor Leste, selain untuk AS Accademica juga bermain untuk Assalam FC.

Nama klub ini sempat menjadi buah bibir di Indonesia setelah mengontrak pemain Persip Pekalongan, Amir Hamzah beberapa waktu lalu.

Baca Juga: CEK FAKTA: PSSI Ngamuk Cabut KTP Pemain Naturalisasi, Timnas Tak Lagi Diperkuat Keturunan, Benarkah?

Profil AS Accademica FC

Bernama lengkap Academica e Sporting de Timor, klub sepak bola ini berbabsis di Dilli, Timor Leste dan bermain di kasta teratas Liga Futebol Amadora.

Salah satu dari delapan tim asli yang bermain di musim pertama Primeira Divisao yang digelar pada 2016 yang lalu.

Baca Juga: Dirtek PSSI Beri Tanggapan Soal Kabar Uji Coba Lawan Kenya dan Burundi, Belum Fix?

Selain klub sepak bola, tim ini juga memiliki tim futsal yang berlaga di Pra Liga Fustal Timor-Leste.

Berdiri pada 1967, usia klub ini sudah mencapai 56 tahun dan bermaskas di Stadion City yang terletak di Dilli dengan kapasitan 5.000 penonton.

Bermain di Liga Sepak Bola Amatir sejak 2016, menempati peringkat keempat saat itu, kemudian peringkat ke-5 pada 2017 dan peringkat keenam pada 2018.

Sayangnya tim ini harus terdegradasi ke divisi kedua pada 2019 setelah menempati peringkat keenam, sempat mendapat kesempatan kembali ke divisi utama pada 2021.

Namun tim ini harus menelan kekalahan di partai final, kini Accademica kembali ke kasta teratas kompetisi dan bertengger di peringkat kedua klasemen.

Mengoleksi 4 poin dari 3 laga, berada di bawah Assalam sebagai pemuncak sementara dengan enam poin koleksi dari 2 pertandingan.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak