3 Kampanye Erick Thohir yang Gagal Ditepati sebagai Ketum PSSI yang Baru, Salah Satunya soal VAR

Ada beberapa visi misi yang disampaikan sebelum menjadi Ketum PSSI, tetapi urung bisa ditepati

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 06 Maret 2023 | 20:00 WIB
Ketum PSSI periode 2023-2027, Erick Thohir. (Dok. PSSI)

Ketum PSSI periode 2023-2027, Erick Thohir. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Erick Thohir melempar berbagai janji ketika mencalonkan diri dan terpilih sebagai Ketua Umum PSSI yang baru. Namun, berbagai janji itu gagal ditepati dalam kurun dekat ini.

Pembenahan sistem sepak bola Tanah Air dijanjikan oleh Erick Thohir bakal terjadi setelah dirinya terpilih. Hal itu nampak terlihat bakal menjadi nyata ketika PSSI menggelar sarasehan PSSI.

Sarasehan sepak bola Indonesia digelar oleh PSSI pada Sabtu (4/3/2023). Salah satu kegiatan ini adalah jajak pendapat dengan tim dari Liga 1 dan Liga 2, terkait dengan kelanjutan sepak bola Indonesia kedepannya.

Namun demikian, hasil dari sarasehan tersebut tidak membikin publik sepak bola Indonesia puas. Bahkan Erick Thohir disebut ingkar akan janjinya kepada publik sepak bola.

Lantas, apa saja janji Erick Thohir yang gagal ditepati sejauh ini setelah ia terpilih sebagai Ketum PSSI baru?

1. Liga 2 Tidak Lanjut

Erick Thohir sempat menyebut bakal mengupayakan Liga 2 2022/23 yang sempat terhenti dan akhirnya dibatalkan, bakal dilanjutkan.

Harapan itu sempat muncul setelah PSSI menggelar sarasehan sepak bola Indonesia, namun demikian dalam kegiatan ini tidak ada pembahasan terkait dengan kelanjutan dari Liga 2 yang sempat diberhentikan. PSSI malah membahas tentang konsep dan operator baru Liga 2 kedepannya.

Keputusan Liga 2 yang tak dilanjutkan ini membuat kubu Persipura meradang. Mereka menilai bahkan keputusan memberhentikan Liga 2 tidak tepat dan menagih janji Erick Thohir.

2. VAR

Pembahasan selanjutnya yang diharapkan lahir dari Sarasehan Sepak Bola Indonesia oleh PSSI adalah penerapan VAR di Liga 1 Indonesia.

Namun, hal ini juga belum bisa direalisasikan oleh Erick Thohir dan jajaran barunya di PSSI. Salah satu peserta Liga 1, PSM Makassar, menegaskan bahwa klub sangat mendesak percepatan penggunaan teknologi VAR.

Meski belum bisa diterapkan di Liga 1, VAR disebut bakal diuji coba dalam perhelatan Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia.

3. Performa Wasit

Kinerja wasit juga menjadi hal yang diharapkan bisa berubah dan semakin bagus, sesuai dengan janji yang pernah disampaikan oleh Erick Thohir.

Namun demikian, kinerja wasit masih saja jadi sorotan setelah Erick Thohir duduk di bangku pertama kepengurusan PSSI. Salah satunya di laga PSM vs Persis.

Dianulirnya gol Everton oleh wasit Juhandri Setiana sampai membuat Bernardo Tavares memberikan kritik dengan menyebut bahwa wasit adalah “pemain terbaik” di laga tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalan berliku telah dilewati Bojan Hodak dengan mendongkrak posisi Persib yang di awal musim ada di papan bawah.Kini kemenangan luar atas Madura United mengantarkan Bojan Hodak berpeluang mencatat sejarah luar.

bolaindonesia | 14:51 WIB

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB
Tampilkan lebih banyak