4 Pelatih Lokal yang Tersisa di Putaran Kedua Liga 1 2022/2023, Lainnya Nakhoda Asing

Dari 18 klub Liga 1 2022/2023, hanya empat tim saja yang percaya kepada pelatih lokal

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 08 Februari 2023 | 16:30 WIB
Pelatih kepala Persebaya Surabaya, Aji Santoso (tengah). [Laman resmi Persebaya]

Pelatih kepala Persebaya Surabaya, Aji Santoso (tengah). [Laman resmi Persebaya]

Bolatimes.com - Sampai saat ini, sudah ada banyak sekali pelatih lokal yang harus gigit jari di tengah ketatnya persaingan kompetisi Liga 1 2022-2023.

Sebab, ada banyak pelatih lokal yang harus mengakhiri kontraknya lebih cepat karena didepak oleh pihak klub. Alasannya tak lain karena mereka tak mampu membawa timnya berprestasi.

Bahkan, hingga putaran kedua Liga 1 2022-2023, hanya tersisa empat pelatih lokal yang masih mendapat kepercayaan untuk menangani klub.

Dari keempat pelatih lokal ini, memang hanya ada tiga yang berstatus tetap, sedangkan satu lainnya masih menjadi caretaker.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar empat nama pelatih lokal yang tersisa di putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023.

1. Seto Nurdiyantoro (PSS Sleman)

Pelatih lokal pertama yang mampu bertahan di tengah persaingan ketat Liga 1 2022-2023 ialah juru racik PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro.

Performa Elang Jawa di bawah asuhan Seto memang masih belum terlalu konsisten. Namun, setidaknya mereka kini sudah menjauh dari zona merah.

Seto Nurdiyantoro diharapkan bisa terus membawa Elang Jawa melaju di tengah rimba raya kompetisi kasta tertinggi musim ini.

2. Aji Santoso (Persebaya Surabaya)

Tak berlebihan kiranya untuk menyebut Aji Santoso sebagai pelatih lokal yang kiprahnya paling moncer di kompetisi Liga 1 2022-2023. 

Pasalnya, Persebaya Surabaya mampu tampil istimewa. Bahkan, pada putaran kedua ini, Persebaya sukses meraih lima kemenangan beruntun.

Untuk sementara ini, Aji Santoso sukses mengantarkan Persebaya melejit ke peringkat ketujuh klasemen sementara Liga 1 2022-2023.

3. Muhammad Ridwan (PSIS Semarang)

Dari semua nama pelatih yang ada dalam daftar ini, barangkali Muhammad Ridwan merupakan satu-satunya yang berstatus sebagai caretaker alias pelatih sementara.

Kiprah Ridwan sebagai nakhoda sementara Mahesa Jenar memang patut diapresiasi. Sebab, ia mampu membawa PSIS naik ke peringkat kedelapan.

Berkat tangan dingin pelatih asal Semarang itu, Mahesa Jenar mampu mendulang tiga kemenangan dan satu kekalahan dari empat laga.

4. I Putu Gede (Arema FC)

Nama pelatih lokal terbaru yang akan meramaikan persaingan sengit yang tersaji pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 ialah I Putu Gede.

Pelatih yang awal musim ini menangani PSMS Medan di kompetisi Liga 2 2022-2023 itu mendapat kepercayaan untuk mengasuh Arema FC.

Pasalnya, Arema FC baru saja mengakhiri kerja samanya dengan Javier Roca. I Putu Gede diharapkan mampu mengatrol performa Singo Edan yang baru saja menelan lima kekalahan beruntun.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak