Bolaindonesia

Update, Bepe dan Ponaryo Astaman Ramaikan Bursa Calon Wakil Ketua Umum PSSI

Bepe dan Ponaryo bakal calon waketum PSSI.

Husna Rahmayunita

Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).
Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).

Bolatimes.com - Bursa calon Wakil Ketua Umum PSSI makin panas, dua mantan pemain Timnas Indonesia Bambang Pamungkas (Bepe) dan Ponaryo Astaman masuk daftar berdasarkan update terkini.

Komite Pemilihan (KP) PSSI telah mengumumkan bakal calon ketum, waketum dan anggota komite eksekutif (exco) PSSI periode 2023-2027, Senin (16/1/2023). Dalam perkembangannya terdapat nama baru.

"Setelah pengecekan kembali, terdapat nama-nama bakal calon wakil ketua umum dan anggota Exco yang masih ada di dokumen berkas dan masuk di folder 'spam' (mendaftar via surel). Namun, KP memastikan bahwa seluruh dokumen tersebut diserahkan dan dikirimkan sebelum pukul 18.00 WIB, Senin (16/1)," ujar Ketua Komite Pemilihan Amir Burhannudin, diunggah di laman PSSI, Selasa.

Selain Bepe dan Ponaryo, Presiden klub Persiba I Gede Widiade juga menyusul masuk menjadi wakil ketua umum PSSI 2023-2027.

Lalu untuk anggota Exco PSSI 2023-2027, berdasarkan data terbaru, ada tambahan lima nama yakni Benny Tomasoa, HM Fadhil Rahmi, Katno, Rowland Heinrich dan Sophan Lamara.

Dengan demikian, total keseluruhan bakal calon Exco PSSI 2023-2027 adalah lima orang bakal calon ketua umum, 20 orang bakal calon wakil ketua umum dan 83 orang bakal calon anggota Exco.

"Kami sangat mengapresiasi antusiasme para pendaftar Komite Eksekutif PSSI. Mereka dari berbagai berbagai profesi. Ini menunjukkan bahwa banyak yang berkeinginan untuk membangun masa depan PSSI yang lebih maju dan berprestasi," tutur Amir Burhanuddin.

Amir menegaskan, daftar yang diumumkan oleh KP saat ini merupakan data mentah yang masuk sampai batas pengumpulan berkas yakni Senin (16/1) pukul 18.00 WIB.

Setelah itu, KP akan melakukan verifikasi untuk mengecek ulang para pendaftar. Sebab, ada kemungkinan sosok-sosok yang tercatat di PSSI sebenarnya tidak boleh dicalonkan atau merasa tidak mencalonkan diri tetapi dicalonkan oleh anggota PSSI.

Di luar itu, bisa jadi para pendaftar masih belum melengkapi beberapa persyaratan administrasi. Nantinya, KP akan menyampaikan soal kekurangan kelengkapan dokumen itu pada 19 Januari 2023 setelah verifikasi tuntas dilakukan.

"Lalu pada tanggal 19-21 Januari 2023, para bakal calon dan pengusungnya dapat melengkapi dokumen langsung ke KP PSSI," kata Amir.

Kemudian, pada 31 Januari 2023, KP akan mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI.

Selanjutnya, pada 1-3 Februari 2023, para bakal calon dan anggota PSSI pengusung yang dinyatakan tidak lolos menjadi calon sementara dapat menyampaikan permohonan dan berkas banding kepada Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI.

Ketika proses tersebut tuntas, maka KBP akan mengumumkan daftar calon tetap Komite Eksekutif PSSI pada 6 Februari 2023. Para calon tetap inilah yang akan mengikuti Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI pada 16 Februari 2023.

(Antara)

 

Berita Terkait

Berita Terkini