Bolaindonesia

Perjalanan 3 Pemain Keturunan Dapat Restu Orang Tua untuk Dinaturalisasi Timnas Indonesia U-20

Begini kisah pemain naturalisasi dapat restu ortu jadi WNI.

Husna Rahmayunita

Ivar Jenner dan Justin Hubner gabung TC Timnas Indonesia U-20. (Instagram/PSSI)
Ivar Jenner dan Justin Hubner gabung TC Timnas Indonesia U-20. (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - PSSI memastikan proses naturalisasi tiga pemain keturunan yakni Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick untuk Timnas Indonesia U-20 berlanjut.

Utusan PSSI Hamdan Hamedan menuturkan bila ada andil Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di balik naturalisasi tiga pemain keturunan.

Ia menerangkan, Iriawan memberikan jaminan kepada orang tua calon pemain naturalisasi terkait nasib anaknya bila nanti bergabung Timnas Indonesia U-20.

"Ketua umum meyakinkan orang tua pemain itu bahwa dirinya akan memperlakukan anak-anak mereka seperti anak sendiri. Ketum memastikan keamanan, keselamatan, kebahagiaan dan kesuksesan ketiga pemain tersebut," ujar Hamdan dalam pertemuan di Manila, Filipina, Minggu (1/1).

Mendengar pernyataan Ketua Umum PSSI yang disampaikan saat pertemuan langsung di Jakarta itu, kata Hamdan, orang tua pemain keturunan langsung merasa nyaman.

Mereka akhirnya menyetujui naturalisasi anak mereka dan menegaskan yakin dengan program naturalisasi dari PSSI. Dia menyebut, kesepakatan itu penting, lantaran pemain yang berusia di bawah 21 tahun harus mendapatkan restu orang tua jika mau berganti kewarganegaraan.

"Setelah rapat dengan Ketum PSSI, orang tua pemain-pemain tersebut menghampiri saya dan bilang tidak ada keraguan anak mereka bermain di Indonesia," tutur Hamdan.

Saat ini, Hamdan memastikan proses naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick terus berjalan dan kini tengah masa pengumpulan berkas.

Atas usulan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Hamdan menyatakan bahwa pewarganegaraan ketiga pemain tersebut akan disatukan sehingga nantinya naturalisasi tersebut hanya perlu melewati satu kali sidang di DPR RI.

Hal tersebut diharapkan bisa mengefektifkan proses naturalisasi agar ketiga pemain tersebut bisa memperkuat timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023.

"Semoga dengan dukungan berbagai pihak, naturalisasi tersebut segera tuntas," kata Hamdan.

Justin Hubner merupakan pemain Belanda yang berposisi sebagai bek tengah dan masih berumur 19 tahun. Pesepak bola bertinggi badan 1,87 meter itu saat ini berkarier di tim U-21 Wolverhampton Wanderers di Inggris.

Sementara Ivar Jenner adalah gelandang yang juga berasal dari Belanda. Pemaib 18 tahun itu kini bermain untuk skuad U-21 FC Utrecht di Belanda.

Adapun Rafael Struick saat ini berstatus sebagai penyerang sayap klub Liga kasta kedua Belanda ADO Den Haag. Sama seperti Ivar, Rafael berusia 18 tahun.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini