Bolaindonesia

Imbang Lawan Thailand, Ini 3 Syarat Timnas Indonesia jika Ingin Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

Masih ada 3 skenario bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022

Irwan Febri Rialdi

Jordi Amat saat lakoni debut bersama Timnas Indonesia lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/jordiamat5)
Jordi Amat saat lakoni debut bersama Timnas Indonesia lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/jordiamat5)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia harus memenuhi sejumlah syarat jika ingin merebut tiket lolos ke fase semifinal Piala AFF 2022.

Setidaknya, terdapat tiga syarat yang harus dipenuhi Timnas Indonesia untuk bisa melanjutkan langkahnya ke fase semifinal PIala AFF 2022.

Syarat-syarat ini tentunya harus dipenuhi ketika skuad Merah Putih melakoni laga tandang melawan Filipina pada duel terakhir Grup A Piala AFF 2022.

Menurut jadwal, duel penentuan antara Indonesia versus Filipina ini akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023).

Bagi The Azkals, pertandingan ini sudah tak ada lagi nilainya. Sebab, mereka sudah dipastikan tersingkir dari persaingan Grup A Piala AFF 2022.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima syarat bagi Timnas Indonesia jika ingin lolos ke fase semifinal Piala AFF 2022.

1. Tumbangkan Filipina

Syarat pertama yang harus dipenuhi Timnas Indonesia apabila ingin melaju ke semifinal Piala AFF 2022 ialah menumbangkan Filipina pada laga terakhir Grup A.

Pasalnya, apabila skuad Garuda mampu meraup tiga poin dari pertandingan ini, maka koleksi poinnya sudah tak bisa dikejar oleh Kamboja yang sampai saat ini masih menempel ketat di peringkat ketiga.

Dengan membukukan 10 poin, skuad Garuda bisa lolos, baik itu dengan status juara grup atau runner-up, tergantung jumlah golnya.

Hal ini karena Indonesia dan Thailand sama-sama mengoleksi tujuh poin. Namun, Thailand masih unggul selisih gol atas Indonesia, yakni +9 berbanding +8.

2. Imbang Kontra Filipina

Kalaupun terpaksa meraih hasil imbang pada laga terakhir melawan Filipina, Timnas Indonesia tetap berpeluang untuk lolos ke semifinal.

Dengan tambahan satu poin ini, skuad Garuda akan mengoleksi total delapan poin dari empat pertandingan Grup A.

Namun, syaratnya ialah Kamboja harus kalah atau maksimal meraih imbang melawan Thailand pada laga pamungkas.

3. Tumbang dari Filipina

Timnas Indonesia masih tetap bisa melaju ke semifinal Piala AFF 2022 apabila pada pertandingan kontra Filipina berakhir dengan kekalahan.

Namun, syaratnya sangat ketat, yakni Kamboja harus meraih kekalahan dari Thailand pada pertandingan terakhir.

Apabila Thailand dan Kamboja bermain imbang, maka skuad asuhan Shin Tae-yong tak boleh kalah lebih dari tiga gol dari The Azkals. 

Dengan demikian, skuad Garuda masih unggul selisih gol atas Kamboja pada penentuan akhir.

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

Berita Terkini