Bolaindonesia

3 Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022 Tanpa Masalah Besar

Berikut skenario Timnas Indonesia tembus ke semifinal Piala AFF 2022.

Husna Rahmayunita

Potret pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)
Potret pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Hasil imbang melawan Thailand tetap membuat asa Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 tetap terbuka lebar, dengan catatan tersendiri.

Timnas Indonesia hanya bisa menahan imbang Thailand dalam lanjutan fase Grup A Piala AFF 2022, pada Kamis (29/12/2022) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Hasil ini berpengaruh pada posisi timnas Indonesia di klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022, bertengger di peringkat kedua meski mengoleksi 7 poin.

Sementara Thailand menjadi pemuncak klasemen dengan torehan poin yang sama, kondisi ini membuat peluang Indonesia ke semifinal tetap terbuka lebar.

Namun setidaknya ada beberapa catatan yang harus dipastikan skuad asuhan Shin Tae-yong agar bisa lolos ke semifinal tanpa masalah besar.

Lantas apa saja catatan yang harus dipastikan timnas Indonesia di Piala AFF 2022 itu? berikut di antaranya.

1. Bungkam Filipina

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Syahrian Abimanyu Cs usai jebol gawang Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (Instagram/pssi)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Syahrian Abimanyu Cs usai jebol gawang Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (Instagram/pssi)

Timnas Indonesia dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022 jika mampu mengalahkan Filipina, tambahan tiga poin membuat Egy Maulana dkk mengoleksi 10 poin.

Torehan ini sudah tidak bisa dikejar Kamboja yang harus menghadapi Thailand, jika skenario ini berjalan timnas Indonesia hanya perlu mencari cara untuk jadi juara grup.

Dengan asumsi Thailand menang atas Kamboja, nantinya Indonesia dan Thailand hanya akan berduel lewat selisih gol untuk menentukan posisi puncak.

2. Seri Lawan Filipina

Raihan imbang saja sebenarnya sudah cukup membawa timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF 2022, hal ini juga berkat Thailand.

Thailand akan berjumpa Kamboja di laga terakhir fase grup, dengan catatan Kamboja kalah dari skuad Gajah Perang.

Meski hanya mengoleksi satu angka, delapan poin Indonesia hasil imbang melawan Filipina sudah cukup membawa skuad Garuda ke semifinal.

3. Dibungkam Filipina

Kesempatan lolos ke semifinal juga masih terbuka untuk timnas Indonesia meski kalah dari Filipina, dengan catatan Thailand berhasil menggulung Kamboja.

Jika berakhir imbang, maka Indonesia tidak boleh kalah lebih dari tiga gol saat melawan Filipina dengan begitu skuad asuhan Shin Tae-yong memiliki keunggulan selisih gol.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini