Bolaindonesia

Momen Indonesia Tersingkir di Fase Grup Piala AFF 2014 saat Diperkuat 4 Pemain Naturalisasi, Bagaimana Nasib Edisi 2022?

Diyakini bakal juara, Timnas Indonesia justru tak lolos fase grup Piala AFF 2014 saat diperkuat 4 pemain naturalisasi.

Rauhanda Riyantama

Potret pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2014. (Twitter)
Potret pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2014. (Twitter)

Bolatimes.com - Peta kekuatan timnas Indonesia jelang di Piala AFF 2022 dengan diperkuat 4 pemain naturalisasi ternyata menyisakan momen pedih saat tak lolos fase grup di edisi 2014.

Di Piala AFF 2022, timnas Indonesia bakal diperkuat 4 pemain naturalisasi di antaranya, Jordi Amat, Sandy Walsh, Ilija Spasojevic dan Marc Klok.

Strategi yang sebenarnya pernah dilakukan timnas Indonesia, namun tidak berjalan lancar dan bahkan membuat gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Momen ini dialami timnas Indonesia di Piala AFF 2014 yang berlangsung di Vietnam dan Singapura, saat itu Alfred Riedl masih menjadi pelatih kepala.

Setidaknya ada 4 pemain naturalisasi yang dipanggil Alfred Riedl, di antaranya Cristian Gonzalez, Sergio Van Dijk, Victor Igbonefo dan Raphael Maitimo.

Nama-nama yang sebenarnya bukan sosok sembarangan, mulai dari Gonzales yang merupakan raja gol di Liga Indonesia di beberapa musim.

Kemudian Raphael Maitimo yang merupakan pemain satu angkatan Robin van Persie, lalu Sergio Van Dijk seorang striker beringas di Liga Australia.

Bahkan seorang Victor Igbonefo pun termasuk dalam jajaran pemain terbaik Indonesia saat itu, namun hasil yang didapat tak sesuai harapan.

Timnas Indonesia terhenti di fase grup usai kalah bersaing dengan Vietnam dan Filipina, bahkan menelan kekalahan 0-4 dari Filipina.

Raihan 4 poin timnas Indonesia saat itu tak cukup membawa Gonzales cs melaju ke babak semifinal dan hanya menjadi pemeriah ajang ini saja.

Kini timnas Indonesia kembali diisi para pemain naturalisasi, namun optimisme lebih tinggi di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Melalui akun Instagram pribadi, Shin Tae-yong mengumbar optimisme lewat persiapan matang demi target meraih gelar juara.

"Kami sedang mempersiapkan AFF Mitsubishi Cup kali ini dengan target juara," tulis Shin Tae-yong.

"Pertandingan kandang akan digelar di Stadion GBK, Jakarta. Sangatlah penting kami menjadi satu untuk juara.

"Saya akan membalas budi dengan pertandingan yang keren dan tidak mengecewakan jika masyarakat Indonesia. Dan para fans sepakbola Indonesia datang ke stadion.

"Dengan memenuhi kursi stadion tanpa terkecuali. Saya benar-benar mohon dukungannya yang penuh untuk Timnas Indonesia. Terima kasih banyak." imbuhnya.

Harapan tinggi tentu datang dari penikmat sepak bola Tanah Air, apalagi Indonesia menyandang pemilik runner-up terbanyak di Piala AFF 2022.

Tentu gelar juara di edisi kali ini bakal menjadi pelega dahaga gelar timnas Indonesia di kompetisi bergengsi level ASEAN.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini