5 Pemain Naturalisasi yang Tak Berkontribusi Maksimal untuk Timnas Indonesia, Salah Satunya Top Skor Liga Australia

Di Liga Australia jadi top skor, tapi kontribusi untuk Timnas Indonesia minim

Irwan Febri Rialdi
Kamis, 08 Desember 2022 | 10:39 WIB
Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Bolatimes.com - Program naturalisasi memang sudah digunakan PSSI untuk memperbaiki prestasi timnas Indonesia sejak lama. Namun, beberapa di antaranya berakhir gagal karena sang pemain tak berkontribusi.

Tercatat, ada beberapa nama pemain naturalisasi yang sudah resmi menjadi WNI, tetapi kiprahnya bersama timnas Indonesia masih sangat jauh dari harapan.

Sebab, pemain-pemain ini tak bisa melanjutkan kiprahnya bersama skuad Merah Putih meskipun sudah mengantongi paspor Indonesia dan mencetak debut bersama timnas.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan nama pemain naturalisasi timnas Indonesia yang gagal karena tak memberikan kontribusi.

1. Sergio van Dijk

Kiprah mentereng yang dicatatkan oleh Sergio van Dijk selama berkarier di Eropa sempat membuat para pendukung timnas Indonesia mendambakannya.

 Apalagi dia pernah menjadi top skor di Liga Australia alias A-League musim 2010/2011 dengan Adelaide United dengan mencetak 25 gol.

Sergio van Dijk pun akhirnya masuk daftar pemain yang dinaturalisasi PSSI. Ia resmi menyandang status WNI sejak tahun 2014. Akan tetapi, selama bermain di timnas, ia hanya mampu mencetak satu gol dari enam penampilan.

2. Tonnie Cusell

Yang kedua, ada nama gelandang kelahiran Belanda, Tonnie Cusell, yang pernah dinaturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia pada Piala AFF 2012.

Sayangnya, sepupu dari Stefano Lilipaly ini tak bisa berbuat banyak. Sebab, sejak resmi menjadi WNI pada 2012, Tonnie Cussel sudah tak bisa menembus skuad Merah Putih pasca-berakhirnya Piala AFF 2012.

3. Bio Paulin

Bio Paulin sebetulnya sempat menjadi salah satu bek yang diharapkan bisa memberi kontribusi untuk timnas Indonesia seusai dinaturalisasi.

Sayangnya, pemain yang mencatatkan sejumlah kesuksesan bersama Persipura Jayapura ini malah gagal bermain secara reguler bersama timnas Indonesia setelah mendapat status WNI pada 2015.

4. Ruben Wuarbanaran

Timnas Indonesia U-23 yang disiapkan untuk menghadapi SEA Games 2011 sebetulnya sempat diwarnai sejumlah pemain naturalisasi. Salah satunya yang gagal bersinar ialah Ruben Wuarbanaran.

Berbeda dengan Diego Michiels yang sukses menjadi pilihan utama, Ruben Wuarbanaran ternyata tidak mampu menembus skuad Garuda Muda di ajang itu.

5. Jhonny van Beukering

Penyerang asal Belanda, Jhonny van Beukering, menjadi salah satu pemain yang mengejutkan karena masuk daftar calon WNI yang diajukan PSSI untuk memperkuat timnas Indonesia.

Sebab, saat itu secara postur memang sangat kurang ideal. Badannya yang gempal juga membuat kemampuannya sempat dipertanyakan. Kiprahnya bersama skuad Garuda pun hanya mentok di Piala AFF 2012 dengan koleksi dua penampilan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

TERKINI

Jelang Lawan Persik Kediri, Pelatih PSS Sleman Tekankan Hal Ini pada Anak Asuhnya.
bolaindonesia | 20:08 WIB
Gol semata wayang kemenangan Dewa United dicetak oleh gelandang Timnas Lebanon
bolaindonesia | 19:01 WIB
Timnas Indonesia U-20 2023 akan melakoni laga uji coba.
bolaindonesia | 16:33 WIB
Dari 18 klub Liga 1 2022/2023, hanya empat tim saja yang percaya kepada pelatih lokal
bolaindonesia | 16:30 WIB
Timnas Indonesia U-20 bakal lawan tiga negara ini.
bolaindonesia | 15:47 WIB
Di Indonesia masih sibuk pelatih tim nasional dikritik pelatih klub. Direktur Tekniknya entah sudah cari lawan atau belum
bolaindonesia | 15:45 WIB
Asisten STY tanggapi ribut-ribut pemanggilan pemain ke TC Timnas U-20.
bolaindonesia | 15:39 WIB
Ini dia Alasan kenapa Arema FC menunjuk pelatih lokal I Putu Gede untuk menggantikan Javier Roca.
bolaindonesia | 14:56 WIB
Tiga pemain Asia Tenggara masuk dalam nominasi penghargaan Pemain Terbaik Asia 2022
bolaindonesia | 14:30 WIB
Pelatih Bali United, masih punya opsi pengganti bombernya di sisa pertandingan BRI Liga 1 2022/2023.
bolaindonesia | 14:29 WIB
Ketum PSSI memohon ke klub segera lepas pemainnya.
bolaindonesia | 13:54 WIB
Witan bakal langsung debut nih lawan Arema FC?
bolaindonesia | 13:48 WIB
Shin Tae-yong tak hadir dalam pertemuan itu. Dia mengutus sang asisten, Nova Arianto.
bolaindonesia | 13:42 WIB
Luis Milla blak-blakan menyebut para pemain Persib Bandung pemahaman taktiknya kurang, sehingga dirinya memutar otak untuk menemukan strategi yang cocok hingga akhirnya tak terkalahkan dalam 14 laga
bolaindonesia | 13:29 WIB
Saksikan duel Dewa United vs Borneo FC sore ini
bolaindonesia | 13:23 WIB
Daisuke Sato ingin kalahkan Bali United.
bolaindonesia | 11:33 WIB
Putu Gede membawa Arema FC meraih trofi saat menjadi pemain profesional.
bolaindonesia | 21:15 WIB
Tampilkan lebih banyak