Dua Sanksi Tegas Komdis PSSI yang Bakal Didapat Diego Michiels karena Pukul Kepala Michael Krmencik

Hukuman berat menanti Diego Michiels

Irwan Febri Rialdi
Rabu, 07 Desember 2022 | 12:14 WIB
Perselisihan antara Diego Michiels dengan Michael Krmencik (Tangkapan Layar)

Perselisihan antara Diego Michiels dengan Michael Krmencik (Tangkapan Layar)

Bolatimes.com - Pemain naturalisasi Borneo FC, Diego Michiels, berpeluang mendapat sanksi tegas dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI karena melakukan aksi kekerasan terhadap striker asing Persija Jakarta, Michael Krmencik.

Apabila merujuk pada Kode Disiplin PSSI tahun 2018, maka aksi pemukulan yang dilakukan oleh Diego Michiels terhadap Michael Krmencik itu bakal menimbulkan sejumlah sanksi.

Hal ini karena sudah diatur dalam Pasal 49 Kode Disiplin PSSI perihal “Tingkah laku buruk terhadap pemain lawan dan orang-orang selain dari perangkat pertandingan”.

Dalam pasal satu, disebutkan, “Termasuk sanksi skors secara otomatis yang timbul sebagaimana dimaksudkan Pasal 15 ayat (4) Kode Disiplin PSSI, maka jumlah sanksi skors secara keseluruhan terhadap siapa pun yang menerima kartu merah dalam keadaan-keadaan tertentu”.

Pasalnya, aksi pemukulan yang dilakukan oleh kapten Borneo FC itu termasuk dalam kategori pelanggaran berat dalam Kode Disiplin PSSI.

“Seorang pemain diberi sanksi pengusiran dari lapangan permainan dengan kartu merah ketika pertandingan sedang berlangsung sesuai dengan Pasal 15 Kode Disiplin PSSI ini.

Dari salah satu kategori pelanggaran berat yang dilakukan oleh Diego Michiels seusai Pasal 48 Kode Disiplin PSSI, aksi pemukulan ini termasuk sebagai tindakan kekerasan alias violent conduct.

Berikut Bolatimes.com menyajikan dua sanksi tegas dari Komdis PSSI yang bisa menjerat Diego Michiels karena melakukan aksi pemukulan terhadap Michael Krmencik.

1. Larangan Bermain Minimal Dua Pertandingan

Menurut Pasal 49 Ayat 1 Kode Disiplin PSSI, aksi pemukulan yang dilakukan oleh Diego Michiels tersebut termasuk sebagai violent conduct alias tindakan kekerasan.

Pada aturan tersebut, Diego Michiels terancam hukuman larangan bermain minimal dua pertandingan. Jumlahnya akan merujuk pada tingkat keparahan dari pelanggaran Kode Disiplin tersebut.

“Sekurang-kurangnya 2 (dua) pertandingan karena melakukan penyerangan (seperti menyikut, memukul, menendang, dan sebagainya) terhadap pemain lawan atau orang lain selain dari perangkat pertandingan,” bunyi aturan Komdis PSSI.

2. Sanksi Denda Minimal Rp10 juta

Selain hukuman larangan bermain, pemain kelahiran Belanda itu nantinya juga akan mendapat sanksi berupa denda dari Komdis PSSI.

Menurut Pasal 49 Ayat 2 Kode Disiplin PSSI, jumlah denda yang bakal dibebankan kepada Diego Michiels minimal sebesar Rp10 juta.

“Sanksi denda minimal Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) diberikan terhadap semua tingkah laku buruk yang dilakukan terhadap pemain lawan atau orang selain perangkat pertandingan yang diatur dalam ayat 1 huruf a, b, c, d, dan e Pasal ini.

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

TERKINI

Gol semata wayang kemenangan Dewa United dicetak oleh gelandang Timnas Lebanon
bolaindonesia | 19:01 WIB
Timnas Indonesia U-20 2023 akan melakoni laga uji coba.
bolaindonesia | 16:33 WIB
Dari 18 klub Liga 1 2022/2023, hanya empat tim saja yang percaya kepada pelatih lokal
bolaindonesia | 16:30 WIB
Timnas Indonesia U-20 bakal lawan tiga negara ini.
bolaindonesia | 15:47 WIB
Di Indonesia masih sibuk pelatih tim nasional dikritik pelatih klub. Direktur Tekniknya entah sudah cari lawan atau belum
bolaindonesia | 15:45 WIB
Asisten STY tanggapi ribut-ribut pemanggilan pemain ke TC Timnas U-20.
bolaindonesia | 15:39 WIB
Ini dia Alasan kenapa Arema FC menunjuk pelatih lokal I Putu Gede untuk menggantikan Javier Roca.
bolaindonesia | 14:56 WIB
Tiga pemain Asia Tenggara masuk dalam nominasi penghargaan Pemain Terbaik Asia 2022
bolaindonesia | 14:30 WIB
Pelatih Bali United, masih punya opsi pengganti bombernya di sisa pertandingan BRI Liga 1 2022/2023.
bolaindonesia | 14:29 WIB
Ketum PSSI memohon ke klub segera lepas pemainnya.
bolaindonesia | 13:54 WIB
Witan bakal langsung debut nih lawan Arema FC?
bolaindonesia | 13:48 WIB
Shin Tae-yong tak hadir dalam pertemuan itu. Dia mengutus sang asisten, Nova Arianto.
bolaindonesia | 13:42 WIB
Luis Milla blak-blakan menyebut para pemain Persib Bandung pemahaman taktiknya kurang, sehingga dirinya memutar otak untuk menemukan strategi yang cocok hingga akhirnya tak terkalahkan dalam 14 laga
bolaindonesia | 13:29 WIB
Saksikan duel Dewa United vs Borneo FC sore ini
bolaindonesia | 13:23 WIB
Daisuke Sato ingin kalahkan Bali United.
bolaindonesia | 11:33 WIB
Putu Gede membawa Arema FC meraih trofi saat menjadi pemain profesional.
bolaindonesia | 21:15 WIB
Di tengah Shin Tae-yong yang mulai mendapatkan sorotan usai gagal di Piala AFF 2022, Luis Milla tiba-tiba ramai dibicarakan karena prestasinya bersama Persib Bandung yang belum terkalahkan dalam 14 laga secara beruntun.
bolaindonesia | 21:00 WIB
Tampilkan lebih banyak