Bolaindonesia

Profil Sieng Chanthea, Wonderkid Kamboja yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia

Mengenal Sieng Chanthea, pemain muda andalan Kamboja di Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama

Sieng Chanthea, wonderkid Timnas Kamboja. (Instagram/sieng.chanthea)
Sieng Chanthea, wonderkid Timnas Kamboja. (Instagram/sieng.chanthea)

Bolatimes.com - Ada beberapa pemain Timnas Kamboja yang patut diwaspadai Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, salah satunya adalah Sieng Chanthea.

Seperti yang diketahui, Kamboja berada satu grup dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Selain Kamboja, ada juga Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam di Grup A.

Laga antara Timnas Indonesia vs Kamboja sendiri rencananya bergulir pada 23 Desember 2022 mendatang di Stadion Gelora Bung Karno.

Meski bukan kekuatan besar, Kamboja bisa menjadi berbahaya terlebih jika Sieng Chanthea tampil on fire. Siapakah dia sebetulnya?

Profil Sieng Chanthea

Sieng Chanthea disebut-sebut sebagai wonderkid paling menonjol milik Kamboja saat ini. Ia lahir di Koh Kong, Kamboja, pada 9 September 2002.

Ia mendapat pendidikan sepakbola di Bati Youth Academy yang didirikan oleh federasi sepakbola Kamboja di bawah asuhan pelatih berpengalaman asal Jepang, Koji Gyotoku.

Sieng Chanthea, wonderkid Timnas Kamboja. (Instagram/sieng.chanthea)
Sieng Chanthea, wonderkid Timnas Kamboja. (Instagram/sieng.chanthea)

Setelah tiga tahun di Bati Academy, Chanthea pindah ke Boeung Ket, salah satu klub besar di Kamboja pada awal 2020 lalu.

Di usianya yang masih 18 tahun, Chanthea sudah dipercaya tampil di timnas senior Kemboja. Dia bahkan mampu mencetak gol saat Kamboja melawan Pakistan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 6 Juni 2019.

Sieng Chanthea pun pada akhirnya dibawa oleh Keisuke Honda ke Piala AFF 2020. Saat itu, Sieng Chanthea menyumbang satu gol saat melawan Laos.

Kemampuan Sieng Chanthea juga sudah terlihat saat ia membela Timnas Kamboja U-23. Bahkan pada Desember 2019 di ajang SEA Games, Chanthea mencetak gol tercepat di SEA Games hanya dalam waktu 18 detik!

Di ajang itu, Chanthea juga membawa Kamboja mencapai semifinal. Sayang, mereka dikalahkan Vietnam. Lalu, saat perebutan medali perunggu dikalahkan Myanmar.

Atas performa menawannya itu, Sieng Chanthea sempat masuk nominasi penghargaan Pemain Muda Terbaik AFC pada acara AFC Annual Awards 2019.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini