Profil Esteban Solari, Pelatih Baru Jordi Amat di JDT dari Argentina

Esteban Solari bakal jadi 'guru' Jordi Amat.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 02 Desember 2022 | 17:00 WIB
Pelatih asal Argentina, Esteban Solari jadi juru taktik baru JDT. (JACK GUEZ / AFP)

Pelatih asal Argentina, Esteban Solari jadi juru taktik baru JDT. (JACK GUEZ / AFP)

Bolatimes.com - Jordi Amat dan Johor Darul Takzim (JDT) bakal punya pelatih baru mulai musim depan. Klub raksasa asal Malaysia itu menunjuk Esteban Solari sebagai pelatih anyar untuk musim 2023.s

Solari bakal menggantikan Hector Bidoglio yang punya andil besar membawa JDT menyapu bersih trofi domestik di Malaysia musim ini.

Alih-alih dipercaya kembali menangani tim, Bidoglio digeser ke posisi direktur teknik. Menurut Tunku Ismail Idris bin Sultan Ibrahim, sang pemilik klub, itu adalah bagian dari perubahan yang besar untuk musim depan.

Solari sendiri merupakan nama baru di dunia kepelatihan. Ia baru memulai kariernya sebagai pelatih pada 2019 dan belum punya banyak pengalaman.

Meski begitu, JDT dinilai beruntung bisa mendapatkan jasa dari adik Santiago Solari tersebut. Lantas, siapa sebetulnya Esteban Solari ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Esteban Solari

Sosok bernama lengkap Esteban Andres Solari Poggio ini lahir di Rosario, Argentina, pada 2 Juni 1980. Ia merupakan adik kandung dari eks pelatih Real Madrid, Santiago Solari.

Dalam perjalanan kariernya, Esteban tidak sementereng kakaknya. Solari sendiri dikenal sempat membela tim-tim besar Eropa macam Real Madrid, Inter Milan, hingga Atletico Madrid.

Sementara Esteban Solari, lebih banyak berkarier di Argentina seperti Estudiantes, Argentinos Juniors dan beberapa klub tak terlalu terkenal di Eropa dan Asia.

Ia sempat bermain untuk Almeria selama dua musim, tapi cuma tampil 1o kali. Di pengujung kariernya, Solari bermain untuk klub asal Ekuador, Aucas, dan pensiun di sana pada 2016.

Setelah pensiun, Esteban Solari tidak langsung terjun ke dunia kepelatihan. Ia baru mulai merintis karier sebagai pelatih dengan menjadi asisten pelatih Argentina U-20 pada 2019.

Esteban Solari kemudian ditunjuk juga untuk menjadi asisten pelatih Timnas Argentina U-23 pada waktu bersamaan. Kontraknya akan berakhir pada 30 Desember 2020 mendatang.

Karier Esteban Solari dipastikan akan berlanjut dengan menangani Johor Darul Takzim di Liga Malaysia.  Meski belum punya banyak pengalaman, pemilik JDT, Tunku Ismail Idris bin Sultan Ibrahim, meyakini kemampuan pelatih berusia 42 tahun tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak