Bolaindonesia

Memprihatinkan, Pelatih Fisik Timnas Indonesia Blak-blakan Ungkap Kondisi Kebugaran Para Pemain

Kondisi fisik Timnas Indonesia diungkap oleh sang pelatih

Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha

Suasana latihan Timnas Indonesia di Bali jelang Piala AFF 2022. (dok.PSSI)
Suasana latihan Timnas Indonesia di Bali jelang Piala AFF 2022. (dok.PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih fisik Timnas Indonesia, Shin Sang-gyu, blak-blakan menyebut kondisi kebugaran skuat Garuda menurun imbas dari terhentinya kompetisi.

Seperti diketahui Timnas Indonesia sudah memulai persiapan menjelang bergulirnya Piala AFF 2022. Sebanyak 28 pemain dipanggil untuk menatap kejuaraan tersebut.

Adapun training camp (TC) sudah dimulai sejak 28 November lalu. Untuk di tahap awal, latihan fisik masih menjadi materi utama karena sebagian pemain mengalami penurunan lantaran tak ada Liga 1.

"Memang penguatan dan fisik dasarnya (pemain) sangat kurang saat ini, apalagi harusnya liga bergulir tetapi dengan adanya Tragedi Kanjuruhan jadi mau tidak mau liganya libur jadi mempertahankan fisik dasar pemain itu susah sekali kemarin," kata Shin San-gyu dalam keterangannya kepada awak media, Kamis (1/12/2022).

Lebih lanjut, Shin San-gyu mengungkap masih banyak kekurangan di Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022. Terlebih tidak ada kompetisi yang membuat pekerjaan di tim nasional dalam rangka persiapan jadi bertambah.

Oleh karena itu, tim pelatih Timnas Indonesia mengakali pemusatan latihan lebih cepat. Semula, TC persiapan Piala AFF 2022 baru akan dilangsungkan pada 10 Desember mendatang.

"Memang banyak segi yang kurang, namanya timnas juga sangat pendek periode pemainnya berkumpul, jadi memang susah sekali. Dengan TC ini meningkatkan fisik pemain jadi maksimal," terangnya.

"Seperti apa yang dibicarakan sebelumnya, TC sebelumnya juga sama TC sekarang saya ingin bicara dari timnya harus ada persiapan yang matang dulu gitu baru datang ke timnas. Kalau begitu pasti akan lebih lancar lagi di timnas dan kekurangan fisik pemain saat ini memang fisik dasar, power, dan stamina," pungkasnya.

Timnas Indonesia sedang disiapkan untuk menghadapi Piala AFF 2022 pada 20 Desember mendatang hingga 16 Januari 2023. Tim Merah Putih tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Adapun di Piala AFF, Marc Klok dan kawan-kawan akan melakoni dua laga kandang dan tandang di babak grup. Skuad Garuda akan memulai kiprah pada 23 Desember menghadapi Kamboja yang katanya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Kemudian dijamu Brunei Darussalam pada 26 Desember. Lalu menghadapi Thailand empat hari berselang di kandang. Kemudian di laga terakhir akan melawan Filipina pada 2 Januari 2023.

Berita Terkait

Berita Terkini