Bolaindonesia

Tragedi Kanjuruhan jadi Cambukan Semangat Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Sesumbar Juarai Piala AFF 2022

Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam di laga perdananya.

Muhammad Ilham Baktora

Shin Tae-yong memantau anak asuhnya saat di Turki (Instagram/shintaeyong7777)
Shin Tae-yong memantau anak asuhnya saat di Turki (Instagram/shintaeyong7777)

Bolatimes.com - Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Malang hingga menewaskan 135 orang terus diusut. Banyak keluarga yang masih menyimpan kesedihannya pasca bentrokan besar itu terjadi.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku ikut berduka cita terhadap tragedi tersebut. Untuk meredakan kesedihan, pelatih asal Korea Selatan ini memiliki cara sendiri untuk menghibur masyarakat.

Dirinya memasang target besar pada Piala AFF 2022. Timnas Indonesia diharapkan menjadi kampiun setelah beberapa kali gagal di level senior.

"Adanya tregedi di Kanjuruhan itu saya merasa bertanggung jawab atas kesedihan masyarakat. Jadi tujuan saya adalah membawa Timnas [Indonesia] juara," kata Shin Tae-yong.

Hal itu juga menjadi semangat dirinya untuk terus memberikan hasil terbaik ke Indonesia.

Hingga kini Shin Tae-yong masih meracik performa anak asuhnya dalam pemusatan latihan yang dimulai pada 28 November 2022 lalu di Bali.

Suasana latihan Timnas Indonesia di Bali jelang Piala AFF 2022. (dok.PSSI)
Suasana latihan Timnas Indonesia di Bali jelang Piala AFF 2022. (dok.PSSI)

Sejumlah pemain abroad, seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri bahkan Pratama Arhan masuk dalam daftar 28 pemain yang sudah dipanggil.

Adapun pemain-pemain naturalisasi yang sudah bergabung, seperti Sandy Walsh, Jordi Amat, dan terbaru adalah Ilija Spasojevic yang bermain di Bali United.

Shin Tae-yong sendiri masih berharap ada jawaban positif dari pelatih Gillingham FC untuk mengizinkan salah seorang pemainnya, Elkan Baggott merapat ke tanah air.

Lebih lanjut, Indonesia sendiri masuk dalam Grup A di Piala AFF 2022. Tim Merah Putih bersanding dengan juara bertahan Thailand. Tak hanya itu skuad Garuda juga satu grup dengan Brunei Darussalam, Kamboja dan Filipina.

Indonesia akan memulai perjalanannya pada 26 Desember 2022 menghadapi Brunei Darusslam. Dijadwalkan keduanya akan bertanding di Stadion KLFA, Malaysia.

Berita Terkait

Berita Terkini