Bolaindonesia

Deretan Pemain Naturalisasi Timnas Malaysia di Piala AFF 2022, Lebih Banyak dari Indonesia

Malaysia tak mau kalah dari Timnas Indonesia soal pemain naturalisasi.

Husna Rahmayunita

Pemain naturalisasi Malaysia yang baru, Lee Tuck. (Instagram/lee__tuck)
Pemain naturalisasi Malaysia yang baru, Lee Tuck. (Instagram/lee__tuck)

Bolatimes.com - Malaysia telah resmi merilis daftar 29 pemain yang akan dipanggil mengikuti pemusatan latihan dalam rangkaian persiapan menuju Piala AFF 2022.

Selain pemain-pemain lokal, sejumlah pemain naturalisasi juga dipanggil untuk memperkuat Timnas Malaysia di ajang terakbar se-Asia Tenggara itu.

Beberapa waktu lalu, Kim Pan-gon sebenarnya sudah memanggil 41 pemain yang akan dibawanya pada laga uji coba Malaysia melawan Kamboja dan Maladewa. Namun, ada 12 pemain yang akhirnya absen dari skuad Harimau Malaya menjelang laga uji coba tersebut.

Adapun, di Piala AFF 2022 nanti, Malaysia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Myanmar, Singapura, dan Laos. Untuk bisa lolos dari fase grup, Malaysia membawa kekuatan penuh.

Total ada delapan pemain naturalisasi yang dipanggil oleh Kim Pan-gon untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Malaysia sebagai persiapan ke Piala AFF 2022.

Kedelapan pemain tersebut adalah Darren Lock, Dion Cools, Stuart Wilkin, Brendan Gan, Quentin Cheng, dan Declan Lambert, Lee Tuck, dan Sergio Aguero.

Dua nama terakhir merupakan dua pemain naturalisasi terbaru yang dimiliki oleh Malaysia. Kedua pemain tersebut resmi menjadi Warga Negara Malaysia pada September lalu.

Lee Tuck asal Inggris dan Sergio Aguero dari Argentina. Mereka merupakan personel klub Liga Super Malaysia, Sri Pahang FC (SPFC), dan kini sudah berstatus pemain lokal.

MFL akhirnya mengumumkan bahwa banding SPFC untuk mendaftarkan Tuck dan Aguero sebagai pemain lokal di Liga Malaysia 2022 telah disetujui tengah pekan September.

Lee Tuck sendiri bisa dijadikan opsi di lini tengah Malaysia.  Gelandang berusia 34 tahun itu pernah bermain di Thailand dengan beberapa klub seperti Nakhon Ratchasima, Air Force Centrak, Bangkok FC, Customs United FC, dan Nakhon Pathom United FC. Di Malaysia, dia juga pernah berseragam Negeri Sembilan dan Terengganu.

Sementara Sergio Aguero, pemain berusia 28 tahun itu pernah membela Melaka United, Selangor United, dan Penang FC sebelum kini berseragam Sri Pahang.

Jumlah pemain naturalisasi dan keturunan di skuad Malaysia ini lebih banyak dari skuad Timnas Indonesia yang baru saja dipanggil oleh Shin Tae-yong.

Total ada empat pemain naturalisasi di skuad Merah Putih yaitu Marc Klok, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan terbaru Ilija Spasojevic.

Berikut daftar 29 Pemain Malaysia di Piala AFF 2022:

Kiper: Syihan Hazmi, Kalamullah, Azri Ghani, Rahadiazli 

Belakang: Dominic Tan, Dion Cools, Khuzaime Piee, Azam Azmi, Sharul Nazeem, Declan Lambert, Quentin Cheng, Ruventhiran

Tengah: Shamie Iszuan, Brendan Gan, Hakim Hassan, Mukhairi Ajmal, Stuart Wilkin, Akram Mahinan, Kogileswaran, David Rowley, Aliff Haiqal, Faiz Nasir

Depan: Safawi Rasid, Darren Lok, Faisal Halim, Lee Tuck, Haqimi Azim, Sergio Aguero, Ramadhan Saifullah.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini