Bolaindonesia

Momentum Piala Dunia, Iwan Bule Lirik Pemain Keturunan yang Berdomisili di Qatar

PSSI lagi getol-getolnya mencari pemain keturunan yang tersebar di luar Indonesia.

Muhammad Ilham Baktora

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. (Dok. PSSI)
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi sorotan oleh masyarakat dunia. Tak terkecuali Indonesia yang mulai bergeliat untuk mencari pemain-pemain keturunan Indonesia yang ada di Qatar.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sendiri mulai melirik para pemain keturunan yang berbakat di tanah Qatar. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

"Sebelum kembali ke Indonesia, saya sempatkan diri untuk mengunjungi Kantor Kedubes RI di Doha. Saya disambut hangat oleh Duta Besar, Bapak Ridwan Hassan," katanya dikutip dari akun Instagram @mochamadiriawan84, Sabtu (26/11/2022).

Iwan bule menjelaskan bahwa dirinya membahas terkait peluang kerjasama PSSI dengan Kedubes RI di Qatar untuk menjaring pemain keturunan yang berbakat di bidang sepak bola.

Ia menyebut, ada sejumlah pemain keturunan Indonesia yang bermain di kasta tertinggi liga di Qatar. Tak hanya itu adapun yang bermain di level lain yang menjadi incaran PSSI untuk mengembangkan sepak bola Indonesia.

"Ada nama Farri Agri, yang saat ini bermain di Muaither SC [Liga 2 Qatar], dan Khuwailid Mustofa bermain di Qatar FC [Liga Utama Qatar]. Keduanya berasal dari Lhokseumawe," ujar dia.

Aksi Justin Hubner membela timnas Indonesia U-20 lawan Malaga U-19. (Instagram/justinhubner5)
Aksi Justin Hubner membela timnas Indonesia U-20 lawan Malaga U-19. (Instagram/justinhubner5)

Bisa dikatakan, kerjasama PSSI untuk menjaring pemain keturunan di Qatar baru pertama kalinya. Hal itu juga untuk mencari potensi para pemaint keturunan Indonesia yang nantinya ditawarkan untuk berseragam Timnas Indonesia.

Sehingga ada upaya serius dari federasi (PSSI) dan juga Pemerintah RI untuk mengakomodir para pemain keturunan.

"Talenta-talenta muda ini akan dapat membantu mendorong Timnas Garuda untuk berbicara banyak di kancah Internasional," ujar Iwan.

Sebelum itu, nama seperti Zico Soore, Rafael Struick, Justin Hubner dan Ivan Jenner mendapat panggilan Timnas Indonesia U-20 dalam melakoni pemusatan latihan. Pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong masih memetakan pemain-pemain yang nantinya disiapkan dalam ajang bergengsi.

Maka dari itu, kemungkinan besar PSSI tidak akan melewatkan sejumlah pemain keturunan yang ada di tiap negara untuk ditarik dalam mengembangkan potensinya untuk Timnas Garuda.

Berita Terkait

Berita Terkini