Bolaindonesia

3 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Ada Pemain yang Main di Eropa

Inilah tiga pemain naturalisasi yang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Marc Klok usai menjebol gawang Curacao. (Dok. PSSI)
Selebrasi Marc Klok usai menjebol gawang Curacao. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - PSSI telah resmi mengumumkan daftar 28 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan atau TC Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Sejumlah nama-nama lawas masih menghiasi skuad besutan Shin Tae-yong ini. Selain itu, nama-nama pemain naturalisasi juga diikutsertakan.

Rencananya, pemusatan latihan Timnas Indonesia akan berlangsung mulai dari 23 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 di Jakarta.

"Timnas Indonesia memulai persiapan Piala AFF 2022 di Bali tanggal 28 November. Nanti begitu mendekati pertandingan pertama tanggal 23 Desember akan pindah latihan ke Jakarta," kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dilansir situs resmi PSSI.

"Pada TC tersebut dua pemain naturalisasi yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah bisa bergabung. Kami optimistis dengan materi pemain yang ada dan Insya Allah meraih juara Piala AFF 2022," tambahnya.

Adapun, Sandy Walsh dan Jordi Amat belum lama ini resmi menjadi WNI setelah melakukan janji. Hal ini melegakan setelah melewati proses cukup panjang.

Kehadiran Sandy Walsh dan Jordi Amat diharapkan bisa menjadi tambahan kekuatan yang signifikan buat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Sandy Walsh dan Jordi Amat pun sudah memberikan respons terkait pemanggilan mereka ke skuad Timnas Indonesia. Kedua pemain ini menyatakan siap memberikan yang terbaik.

Namun, Sandy Walsh sendiri masih harus menunggu jika ingin membela timnas Indonesia. Sebab, PSSI harus mengurus kepindahan federasi. Sebelumnya Sandy Walsh ikut federasi Belanda karena sempat bermain di kelompok umur timnas Oranje. Sehingga, ia perlu pindah federasi agar bisa membela timnas Indonesia.

Sementara Jordi Amat juga masih punya agenda bersama klubnya, Johor Darul Takzim, di Piala Malaysia. JDT akan menghadapi Selangor di partai final.

Selain Jordi Amat dan Sandy Walsh, pemain naturalisasi lain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong adalah Marc Klok. Dia menjadi andalan di lini tengah.

Selain tiga pemain naturalisasi tersebut, Elkan Baggott yang merupakan pemain keturunan juga dipanggil. Baggott tidak termasuk pemain naturalisasi karena ia memilih untuk menjadi WNI di usia yang masih di bawah 20 tahun.

Daftar Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022:

Sandy Walsh

Jordi Amat

Marc Klok.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini