Bolaindonesia

Shin Tae-yong Masih Pikir-pikir, Rafael Struick dan Zico Soree Belum Pasti Dinaturalisasi

Masa depan kedua pemain di Timnas Indonesia U-20 masih misteri.

Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha

Pemain keturunan, Rafael Struick cetak gol di laga timnas Indonesia U-20 vs Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022). (Twitter/@PSSI)
Pemain keturunan, Rafael Struick cetak gol di laga timnas Indonesia U-20 vs Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022). (Twitter/@PSSI)

Bolatimes.com - Dua pemain keturunan yang gabung pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 yakni Rafael Struick dan Zico Soree belum pasti dinaturaliasi. Pelatih Shin Tae-yong belum memberikan kepastian terkait nasib keduanya.

Saat ini, PSSI masih menunggu keputusan dari Shin Tae-yong. Hal itu disampaikan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Menurutnya, Shin Tae-yong belum memberi kabar mengenai dua pemain tersebut. Jika juru formasi asal Korea Selatan itu sudah mengeluarkan surat keputusan dan merasa cocok. Baru PSSI akan bekerja untuk naturalisasi kedua pemain tersebut.

"Saya lagi nunggu surat kepastian, apakah itu oke atau belum (untuk nama Rafael Struick dan Jamai Zico Soree)," kata Indra Sjafri kepada awak media, Selasa (22/11/2022).

Sebelumnya, Rafael Struick dan Zico Soree bergabung dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 di Spanyol. Bahkan, keduanya ditampilkan saat timnas U-20 melakoni uji coba melawan Slovakia U-20.

Laga berakhir untuk kemenangan 2-1 Slovakia U-20 itu, Rafael Struick mencetak gol, sementara Zico Soree bermain cukup apik. Kehadiran mereka juga dikabarkan atas permintaan langsung Shin Tae-yong.

Sebelumnya, sudah ada dua nama pemain keturunan lebih dulu bergabung dalam TC skuad Garuda Nusantara sejak di Turki. Mereka adalah Justin Hubner dan Ivar Jenner.

Empat pemain ini digadang-gadang sebagai proyek naturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Indonesia di dua event internasional pada 2023. Yaitu Piala Asia U-20 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 di Tanah Air.

Khusus buat Piala Dunia U-20, Indonesia tidak hanya mau sukses secara penyelenggaraan, melainkan juga prestasi anak asuh Shin Tae-yong. Oleh karena itu proses naturalisasi pemain keturunan dilakukan.

Berita Terkait

Berita Terkini