Bolaindonesia

Pemanasan Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Buka Peluang Lawan Klub Liga 1

Timnas Indonesia kemungkinan hadapi Liga 1 sebagai pemanasan Piala AFF 2022.

Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha

Selebrasi Dimas Drajad usai cetak gol saat Timnas Indonesia lumat Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. AFC)
Selebrasi Dimas Drajad usai cetak gol saat Timnas Indonesia lumat Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan mengarungi Piala AFF 2022 yang berlangsung pada 20 Desember mendatang sampai 16 Januari 2023. Sebagai persiapan, muncul opsi pasukan Shin Tae-yong menjajal klub Liga 1 2022/2023.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyebut Timnas Indonesia kemungkinan dijadwalkan menghadapi tim Liga 1. Meski sampai saat ini ia belum menerima program dari Pelatih Shin Tae-yong mengenai persiapan Piala AFF.

Sebelum terjun di kejuaraan tersebut biasanya akan ada pertandingan uji coba sebagai bagian dari persiapan tim. Mengingat Piala AFF tak masuk dalam kalender FIFA, tentu akan sulit cari lawan tanding internasional.

Adapun pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia akan dimulai pada 28 November mendatang di Bali. Tentu uji coba melawan tim-tim Liga 1 terbuka lebar.

Pasalnya, tim-tim Liga 1 sedang 'nganggur' tidak ada pertandingan sejak dihentikan entah sampai kapan pasca Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu. Sebagian dari mereka cuma latihan-latihan saja ditambah sesekali pertandingan.

Bali United, Persib Bandung, dan Persija Jakarta dirasa cocok menjadi lawan bagi Timnas Indonesia. Dari segi materi pemain tiga tim inilah yang dirasa pas buat jajal Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

Namun, semua keputusan ada di Shin Tae-yong. Sebab, dia yang paling tahu dan berpengaruh dalam memutuskan program tim nasional termasuk uji coba.

"Saya program detail belum terima dari Shin Tae-yong. Tapi saya yakin akan ada uji coba (dengan) tim Liga 1 atau (tim) Indonesia," kata Indra Sjafri kepada awak media, Selasa (23/11/2022).

Lebih lanjut, Indra menjelaskan mengapa TC Timnas Indonesia berlangsung terbilang lama. Salah satunya adalah karena tidak adanya Liga 1 2022/2023.

"Pasti, pasti ada pengaruh. Makanya disiasati TC agak lama, jadi tanggal 28 sudah mulai TC di Bali," pungkas eks pelatih Bali United.

Di Piala AFF 2022, skuad Garuda menempati Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Tentu Indonesia ditargetkan menjadi juara di kejuaraan ini, mengingat prestasi terbaik sejauh ini menjadi runner up.

Berita Terkait

Berita Terkini