Bolaindonesia

5 Pesepak Bola Serbia yang Pernah Main di Liga Indonesia

Berikut deretan pemain Serbia yang pernah merumput di Indonesia.

Husna Rahmayunita

Aleksandar Rakic saat membela Barito Putera. (Instagram/@rakic_a.9)
Aleksandar Rakic saat membela Barito Putera. (Instagram/@rakic_a.9)

Bolatimes.com - Pesepak bola Serbia bukan wajah asing di mata sepak bola Indonesia, dimulai sejak musim 1994-1995 para pemain asal daratan Skandinavia ini sudah mewarnai pentas Liga Indonesia.

Saat ini sepak bola ASEAN tengah was-was dengan keinginan Serbia bergabung wilayah ini, yang otomatis membuat timnas Serbia akan masuk ke AFF.

Seolah membuka cerita lama, khususnya dunia sepak bola Indonesia di mana pesepak bola asal Serbia telah lama mewarnai kasta tertinggi kompetisi Tanah Air.

Meskipun saat ini kompetisi dalam negeri tengah dihentikan sementara pasca Tragedi Kanjuruhan, namun kesempatan pemain Serbia bermain tetap ada.

Setidaknya para pemain yang akan datang melanjutkan tradisi dari pemain sebelumnya, ada 5 pemain terkenal asal Serbia yang pernah berkarier di Liga Indonesia.

Lantas siapa saja para pemain tersebut? berikut 5 pesepak bola Serbia yang pernah main di Liga Indonesia.

1. Dejan Gluscevic

Dejan Gluscevic bisa jadi pemain Eropa yang paling sukses di Liga Indonesia, bergabung Pelita Jaya pada musim 1994-1995.

Pemain asal Serbia ini sukses mencuri hati para penggemar, bahkan produktivitas di atas rata-rata membuat Pelita Jaya jadi magnet penonton.

Puncaknya mencetak gol di Liga Indonesia terjadi saat membela Mastrans Bandung Raya (MBR), 30 gol dari 33 laga dan sukses membawa tim asal Kota Kembang meraih juara Liga Indonesia 1995-1996.

2. Bojan Malisic

Idealisme Persib Bandung perihal pemain asing pun akhirnya luntur, seiring pemain-pemain asing yang merumput di klub ini.

Setelah rombongan pemain Amerika Latin, era baru sepak bola Indonesia kembali menghadirkan deretan pemain asal Benua Biru.

Di musim Liga 1 2018, Bojan Malisic bergabung dengan Persib Bandung lewat rekomendasi Roberto Carlos Mario Gomez, sang pelatih saat itu.

Sosoknya pun menjadi pilar lini bertahan Maung Bandung dan menjadi pemain asing yang tak tergantikan dalam beberapa musim.

3 Aleksandar Rakic

Musim 2018 diwarnai banyak pemain asal Serbia, salah satu pemain asing PS Tira datang dari Serbia, Aleksandar Rakic yang berposisi sebagai striker.

Sosoknya direkrut bersamaan dengan datangnya tiga pemain asing ain, Marriano Berriex, Gustavo Lopez dan Kim Sang Min.

4. Petar Planic

PSIS Semarang mampu menunjukkan tajinya usai promosi ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Petar Planic jadi rekrutan baru di musim 2018.

Pemain yang berposisi sebagai bek ini direkrut Laskar Mahesa Jenar dari klub CSF Speranta, meskipun tak lama memperkuat tim.

5. Nikola Komazec

Di musim 2018, Bhayangkara FC masih jadi salah satu tim favorit juara dan guna menambah daya gedor didatangkan Nikola Komazec.

Usianya saat itu sudah 30 tahun, Nikola didatangkan dari Serbia langsung untuk menggantikan David da Silva yang hijrah.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini