Bolaindonesia

Alasan PSSI Pilih Stadion Patriot Jadi Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Ketimbang JIS

Timnas Indonesia bakal bermarkas di Bekasi.

Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha

Foto udara Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/10). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]
Foto udara Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/10). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]

Bolatimes.com - Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi dikabarkan akan menjadi kandang atau homebase Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, bukan International Stadium (JIS). PSSI pun mengungkap alasannya.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan menerangkan pihaknya belum siap menggelar pertandingan di JIS. Sebaliknya, Stadion Patriot sudah dipakai beberapa kali untuk menggelar turnamen internasional seperti Kualifikasi Piala Asia U-19 2022.

Sebelumnya, PSSI juga sempat ingin menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta sebagai venue Piala AFF 2022. Namun, stadion bersejarah itu harus steril hingga Piala Dunia U-20 2023 sehingga tak bisa dipakai.

"Kalau untuk JIS, pertama, kita belum pernah pakai pertandingan di sana ya. Jadi belum terbiasa. Apalagi ini kelasnya sudah Asia Tenggara, takutnya kita belum siap untuk melaksanakan di sana," kata Endri kepada awak media, Senin (21/11/2022).

Endri menjelaskan panitia pertandingan Timnas Indonesia masih asing dengan JIS. Mengingat Piala AFF cukup bergengsi, PSSI lebih memilih Stadion Patriot Candrabhaga di mana panitia sudah terbiasa.

"Jadi, karena teman-teman panitia sudah terbiasa melaksanakan di Stadion Patriot dan beberapa stadion yang lain, mungkin lebih save-nya kita pilih untuk bermarkas di sana dulu," pungkasnya.

Adapun Piala AFF akan berlangsung pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Timnas Indonesia belum pernah jadi juara turnamen bergengsi sepak bola ASEAN tersebut. Prestasi terbaik Timnas Indonesia dalam kejuaraan ini sendiri hanyalah runner-up sebanyak enam kali.

Berita Terkait

Berita Terkini