Bolaindonesia

Berapa Bayaran Wasit di Piala Dunia 2022? Ternyata Jumlahnya Fantastis

Bayaran wasit di Piala Dunia 2022, per laganya tembus puluhan juta rupiah

Irwan Febri Rialdi

Wasit Iran, Alireza Faghani, memberikan kartu kuning untuk striker Timnas Prancis, Olivier Giroud, di Piala Dunia 2018. (Jewel Samad/AFP)
Wasit Iran, Alireza Faghani, memberikan kartu kuning untuk striker Timnas Prancis, Olivier Giroud, di Piala Dunia 2018. (Jewel Samad/AFP)

Bolatimes.com - Melihat penghasilan yang diterima wasit di Piala Dunia 2022. Kira-kira, berapa bayaran yang diterima para pengadil lapangan per pertandingan untuk ajang ini?

Piala Dunia 2022 akan segera bergulir dalam hitungan hari saja. Dijadwalkan, event empat tahun ini akan dimulai dengan laga pembuka antara Qatar vs Ekuador, Minggu (20/11) malam WIB.

Untuk menggelar ajang terakbar ini, FIFA selaku penyelenggara pun mempersiapkan hal-hal terbaik untuk mendukung kesuksesan acara.

Salah satunya adalah mengenai wasit. Induk sepak bola dunia tersebut setidaknya 36 wasit utama, 69 asisten wasit, dan 24 asisten VAR ke Piala Dunia 2022.

Dari 36 wasit utama tersebut, enam di antaranya adalah wasit wanita dari berbagai konfederasi, yakni Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika.

Selain wasit wanita, wasit utama yang dipanggil FIFA ke Piala Dunia 2022 merupakan wasit-wasit yang punya rekam jejak mentereng di laga-laga domestik dan internasional.

Para wasit ini dipilih karena pengalamannya memimpin laga-laga besar, entah itu laga di kancah domestik, laga sekelas final di kancah domestik, dan laga-laga final di kancah internasional.

Hadirnya para wasit bernama besar untuk Piala Dunia 2022 ini pun membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai besaran bayaran yang diterima para pengadil lapangan.

Kira-kira, berapakah bayaran yang diterima wasit untuk memimpin pertandingan Piala Dunia 2022?

Puluhan Juta Rupiah per Laga

Dilansir dari laman FIFA World Cup Mania, wasit yang memimpin pertandingan Piala Dunia 2022 rata-rata akan mendapat bayaran hingga jutaan Rupiah per pertandingan.

Berikut pembagian bayaran yang akan diterima wasit per pertandingan di Piala Dunia 2022:

1. Wasit Utama

Wasit utama merupakan wasit yang akan menentukan jalannya pertandingan. Biasanya wasit utama ada berada di tengah-tengah pemain saat bertanding.

Biasanya wasit utama dibayar 750 euro (Rp12 juta) untuk pertandingan internasional. Tapi beredar kabar untuk Piala Dunia 2022 ini, bayaran wasit utama akan mencapai 5 ribu euro (Rp81 juta) per laga.

2. Asisten Wasit

Asisten wasit adalah wasit yang bertugas di pinggir lapangan. Biasanya, asisten wasit menggunakan bendera sebagai alat bantu untuk menentukan offside, lemparan ke dalam, penalti, dan sepak pojok.

Biasanya, asisten wasit akan mendapat bayaran 500 euro (Rp8 juta) per laga di ajang internasional. Tapi di Piala Dunia 2022 ini, bayaran asisten wasit akan naik lima kali lipat menjadi 2500 euro (Rp40 juta) per laga.

3. Wasit ke-4

Wasit ke-4 adalah wasit yang berada di antara Bench pemain. Tugas wasit ini utamanya adalah mengecek dan melakukan pergantian pemain dan menjadi penunjuk waktu tambahan dalam pertandingan.

Belum diketahui berapa bayaran wasit keempat ini. Namun disebutkan bayarannya akan menyamai asisten wasit yang bertugas di pinggir lapangan.

4. Wasit VAR

Wasit VAR adalah wasit yang bertugas di luar lapangan atau bertugas dalam suatu ruangan untuk menentukan insiden yang terjadi di lapangan dan yang lepas dari pengamatan wasit utama atau asisten wasit.

Wasit VAR ini juga akan mendapat bayaran masif untuk Piala Dunia 2022. Diketahui, bayarannya mencapai 3 ribu euro (Rp48 juta) per pertandingan.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini