Bolaindonesia

Profil Matthis Abline, Penyerang Prancis yang Dua Kali Jebol Gawang Timnas Indonesia U-20

Matthis Abline merupakan striker klub Ligue 1, Rennes

Irwan Febri Rialdi

Striker Timnas Prancis U-20, Matthis Abline. (Instagram/@matthis.abline)
Striker Timnas Prancis U-20, Matthis Abline. (Instagram/@matthis.abline)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Matthis Abline, pemain muda Prancis U-20 yang berhasil mencetak dua gol ke gawang Timnas Indonesia U-20.

Pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 di Spanyol harus dibuka dengan raihan minor, setelah skuad Garuda Nusantara tumbang dalam laga uji coba melawan Prancis U-20, Jumat (18/11) dini hari WIB.

Dalam duel yang berlangsung di Murcia itu, Timnas Indonesia U-20 harus menyerah dengan skor 0-6 dari Prancis U-20.

Sejak pertandingan dimulai, anak asuh Shin Tae-yong mendapatkan tekanan bertubi-tubi dari Prancis U-20. Bahkan gol pun telah bersarang ke gawang Timnas Indonesia U-20 di menit ketiga babak pertama.

Setelahnya, Prancis U-20 makin tampil beringas dan berhasil mencetak lima gol tambahan ke gawang Timnas Indonesia U-20 hingga laga usai.

Enam gol yang dicetak Prancis U-20 sendiri disumbangkan oleh lima pemainnya, di mana nama Matthis Abline mampu mencetak dua gol.

Tak hanya mencetak dua gol di laga ini, pemain yang juga didapuk sebagai kapten Prancis U-20 itu mampu memberikan satu assist bagi gol rekannya.

Selain itu, Matthis Abline menjadi salah satu pemain depan Prancis U-20 yang kerap mengancam gawang Timnas Indonesia U-20 sepanjang laga.

Lantas, siapakah sosok Matthis Abline tersebut? Berikut profilnya.

Profil Matthis Abline, Penyerang Muda Rennes

Matthis Abline merupakan penyerang muda milik tim Ligue 1, Rennes. Ia sendiri lahir di Angers pada 28 Maret 2003 atau 19 tahun silam.

Kiprahnya di kancah sepak bola dimulai dari tim lokal bernama Landemontais dan Carquefou. Dari sana Abline kemudian bergabung dengan tim raksasa Prancis, Rennes pada 2018.

Setelah menimba ilmu di Rennes, Abline kemudian mendapatkan kontrak profesionalnya pada 2020 bersama klub Ligue 1 tersebut.

Namun, Abline baru mendapatkan debutnya hampir setahun berselang, yakni kala Rennes menghadapi Dijon di pentas Ligue 1 pada 25 April 2021.

Usai debut di tim utama, Abline pun mulai menjadi andalan Rennes. Ia bahkan mampu mencetak gol pertamanya bagi timnya itu pada Kualifikasi UEFA Conference League 2021/2022 ke gawang Rosenborg.

Di musim 2021/2022 itu, Abline hanya bermain 6 bulan bagi Rennes. Pasalnya, timnya meminjamkannya ke tim Ligue 2, yakni Le Havre.

Selama 6 bulan di Le Havre, Abline mampu menjadi andalan dengan tampil sebanyak 16 kali dan menyumbang 6 gol serta 3 assist.

Torehan itu kemudian membuat Rennes memulangkannya di akhir musim 2021/2022 dan memasukkannya ke tim utama pada musim 2022/2023 saat ini.

Di musim ini, Abline tampil reguler bersama Rennes dengan mencatatkan 14 penampilan di berbagai ajang. Ia pun berhasil menyumbangkan 2 gol dan 1 assist bagi timnya.

Kiprah mentereng Abline di level akademi sempat membuatnya mendapat panggilan untuk membela tim nasional Prancis di level kelompok umur dari U-16 hingga U-21.

Secara keseluruhan, Abline telah tampil di level kelompok umur Timnas Prancis sebanyak 26 kali dengan sumbangan 16 gol.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini