Bolaindonesia

3 Dampak Positif yang Didapat Indonesia jika Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Presiden Jokowi menyatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2036

Irwan Febri Rialdi

Logo Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. (AFP/Behrouz Mehri)
Logo Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. (AFP/Behrouz Mehri)

Bolatimes.com - Berikut sederet keuntungan yang didapat Indonesia jika berhasil terpilih menjadi tuan rumah pesta olahraga terakbar, Olimpiade pada 2036 mendatang.

Di tengah gegap gempita Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Presiden Joko Widodo mengeluarkan pernyataan mengenai kesiapan Tanah Air menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Pernyataan ini disampaikan orang nomor satu Indonesia itu di sela-sela agenda G20. Jokowi menyebutkan bahwa Tanah Air bersedia dan siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 mendatang.

Bahkan, Jokowi menyebutkan bahwa nantinya jika Indonesia terpilih, maka Olimpiade 2036 akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang saat ini tengah digarap.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara,” ucap Jokowi dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab).

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi seiring hadirnya Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, di KTT G20.

Bahkan IOC pun mengapresiasi keseriusan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 dan akan menjalin komunikasi dengan IOC Member di Indonesia serta Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC), yakni Erick Thohir dan Raja Sapta Oktohari.

Dengan kesediaan dan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, akan ada beberapa keuntungan yang tercipta jika pesta olahraga terakbar di dunia itu diselenggarakan di Tanah Air.

Apa saja keuntungan yang didapat Indonesia jika menjadi tuan rumah Olimpiade 2036? Berikut daftarnya.

1. Pembangunan Infrastruktur yang Bisa Jadi Ruang Publik

Dengan hadirnya Olimpiade 2036 di Indonesia, tepatnya di IKN, maka pemerintah akan dituntut untuk membangun infrastruktur guna menunjang gelaran ini.

Infrastruktur ini nantinya tak hanya akan digunakan di Olimpiade 2036 saja, melainkan juga akan menjadi ruang bagi publik untuk berolahraga.

Hal ini berkaca pada pembangunan infrastruktur di Asian Games 2018, yang hingga saat ini fasilitas yang ada bisa digunakan oleh publik.

2. Meningkatkan Citra Indonesia di Mata Dunia

Hadirnya Olimpiade 2036 di Indonesia otomatis akan mengangkat citra Tanah Air di mata dunia sebagai negara yang maju di bidang olahraga.

Apalagi Indonesia dalam waktu dekat akan menggelar ajang kelas dunia lainnya, yakni Piala Dunia U-20 2023 dan FIBA World Cup, yang akan mempermudah langkah Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Dengan kesuksesan menggelar Olimpiade 2036, bukan tidak mungkin ke depannya Indonesia bisa ditunjuk sebagai tuan rumah ajang-ajang bergengsi lainnya.

3. Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Hadirnya Olimpiade 2036 mendatang di Indonesia secara tidak langsung akan memberikan keuntungan bagi pelaku usaha di kalangan masyarakat.

Pasalnya, ajang sekelas Olimpiade 2036 akan mendatangkan ribuan hingga jutaan wisatawan ke Indonesia untuk menonton ajang ini.

Sehingga, para wisatawan atau pelancong ini akan membantu roda ekonomi di masyarakat dan memberi keuntungan bagi para pelaku usaha di Indonesia.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini