Bolaindonesia

Resmi Jadi WNI, Jordi Amat: Saya Sangat Senang

Jordi Amat senang bisa jadi warga Indonesia.

Husna Rahmayunita

Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat. (Instagram/@jordiamat5)
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat. (Instagram/@jordiamat5)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Jordi Amat semringah akhirnya resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Jordi Amat mengaku sampai tak bisa mengungkapkan perasaannya setelah jadi WNI. Ia bertekad memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia.

"Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saya saat ini. Saya sangat senang. Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita," ujar Jordi Amat.

Sebelumnya, Jordi Amat berkewarganegaraan Spanyol dan setelah proses naturalisasinya rampung, ia resmi pindah warga negara Indonesia,

Pria berusia 30 tahun tersebut pun berterima kasih kepada semua pihak yang sudah membantunya menjadi WNI termasuk PSSI.

Tak hanya Jordi Amat, satu pemain keturunan lain yakni Sandy Walsh yang sebelumnya berkewarganegaraan Belanda  juga resmi jadi WNI

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Ibnu Chuldun mengatakan bahwa Jordi dan Sandy mampu melafalkan sumpah setia WNI dengan fasih.

Lagu Indonesia Raya juga mampu mereka nyanyikan dengan baik. Menurut Ibnu, itu salah satu bentuk kesungguhan Jordi dan Sandy menjadi WNI.

"Memang sepatutnya beliau menjadi bagian dari kita, bagian dari bangsa Indonesia sesuai prestasi dan kemampuannya. Semoga beliau sukses membawa nama harum Indonesia di dunia persepakbolaan internasional," kata Ibnu.

Setelah menjadi WNI, Jordi Amat dan Sandy Walsh akan mendapatkan kartu keluarga (KK), KTP dan paspor Indonesia.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan bahwa pihaknya akan membantu proses tersebut agar Jordi dan Sandy memiliki dokumen kependudukan resmi.

"Hari ini juga saya akan mengantarkan keduanya ke Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil-red) supaya supaya semuanya segera selesai," ujar Iriawan.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini