Bolaindonesia

Jordi Amat dan Sandy Walsh Resmi WNI, Shayne Pattynama Masih Dalam Proses

Beda nasib Shayne Pattynama dengan Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Husna Rahmayunita

Sandy Walsh dan Jordi Amat resmi jadi WNI. (Instagram/@jordiamat5)
Sandy Walsh dan Jordi Amat resmi jadi WNI. (Instagram/@jordiamat5)

Bolatimes.com - Dua pemain keturunan Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Sementara Shayne Pattynama masih harus bersabar, lantaran naturalisasinya masih dalam proses.

Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi jadi WNI setelah pengambilan sumpah dan janji setia di setia di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), Jakarta, Kamis (17/11/2022) siang.

Setelah melewati proses yang panjang, naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh rampung. Keduanya pun bisa membela Timnas Indonesia.

Di hari yang sama, ada perkembangan soal naturalisasi Shayne Pattynama. Naturalisasi pemain berdarah Indonesia-Belanda itu disetujui oleh DPR.

Rapat Paripurna DPR RI menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia kepada Shayne Pattynama.

Persetujuan Shayne menjadi warga negara Indonesia (WNI) tersebut akan ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Menurut Ketua DPR RI Puan Maharani, persetujuan naturalisasi Shayne, yang memiliki garis keturunan Indonesia dari ayahnya, telah memenuhi pertimbangan aspek kewarganegaraan dan aspek olahraga sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

"DPR berharap persetujuan naturalisasi ini akan membawa persepakbolaan Indonesia semakin gemilang dalam prestasi," kata Puan dalam keterangan tertulisnya.

Shayne, pemain bek kiri berusia 24 tahun untuk klub Viking FK di Liga Norwegia, menjadi salah satu pemain sepak bola yang sedang menjalani naturalisasi, selain Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Jordi, yang sebelumnya merupakan warga negara Spanyol, dan Sandy, yang sebelumnya warga negara Belanda, sudah menuntaskan sebagian besar tahap mereka menjadi WNI.

Jordi dan Sandy tinggal menunggu momen mengucapkan sumpah sebagai WNI setelah Presiden Joko Widodo menandatangani keputusan presiden tentang pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada mereka.

Dengan naturalisasi tersebut, mereka diharapkan memperkuat tim nasional Indonesia dalam Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini