Bolaindonesia

Jadi Sosok Penting di Balik Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh, Ini Respon Hasani Abdulgani

Respons Hasani Abdulgani usai Jordi Amat dan Sandy Walsh sah jadi WNI.

Arif Budi Setyanto

Jordi Amat dan Sandy Walsh. (Instagram/PSSI)
Jordi Amat dan Sandy Walsh. (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Exco PSSI, Hasani Abdulgani langsung buka suara usai dua pemain keturunan Jordi Amat dan Sandy Walsh sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Jordi Amat dan Sandy Walsh akhirnya sah menjadi WNI. Kedua pemain keturunan itu disumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Sandy dan Jordi datang ke Kanwil Kemenkumham Jakarta dengan mengenakan setelan jas hitam dan dasi merah. Tak lupa, keduanya juga memakai peci hitam.

Rombongan PSSI bersama Jordi Amat dan Sandy Walsh tiba di Gedung Kanwil Kemenkumham, Jakarta sekitar pukul 12.36 WIB. Mereka datang beriringan dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Semoga di Piala AFF nanti, semoga kita mendengarkan saudara berdua mengumandangkan lagu Indonesia Raya untuk [dalam] kemenangan Timnas Indonesia," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham, Ibnu Chuldun dikutip melalui siaran YouTube kanal Kanwil Kemenkumham Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Rampungnya proses naturalisasi Jordi dan Sandy tersebut membuat bangga Exco PSSI, Hasani Abdulgani. Ia mengucapkan selamat.

"Sah WNI. Selamat Jordi dan Sandy!" tulis Hasani Abdulgani di keterangan postingannya.

Hasani Abdulgani sendiri merupakan sosok penting di balik naturalisasi Jordi dan Sandy. Ia mengawal prosesnya sejak awal.

Sebelum resmi menjadi WNI, Sandy Walsh dan Jordi Amat telah menjalani serangkaian tahap panjang. Hal itu diawali wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN).

Setelahnya, kedua pemain menjalani tes kesehatan di sebuah rumah sakit di Jakarta. Lalu, Sandy dan Jordi mendapat rekomendasi dari Komisi III dan Komisi X DPR RI.

Proses itu kemudian berlanjut di mana Sandy dan Jordi mendapat Surat Keputusan Presiden RI telah ditandatangani oleh Joko Widodo pada 9 November 2022. Terakhir keduanya disumpah WNI.

Berita Terkait

Berita Terkini