Bolaindonesia

Profil Adam Griger, Striker Slovakia U-20 yang Disebut sebagai Duplikat Erling Haaland

Adam Griger kini main di Liga Italia. Ia akan ikut bermain saat Slovakia U-20 melawan Timnas Indonesia U-20

Irwan Febri Rialdi

Adam Griger saat masih berseragam LASK. (Dok. LASK)
Adam Griger saat masih berseragam LASK. (Dok. LASK)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Adam Griger, penyerang Slovakia U-20 yang akan jadi lawan Timnas Indonesia U-20 di laga uji coba di Spanyol.

Timnas Indonesia U-20 saat ini tengah berada di Spanyol untuk melakoni pemusatan latihan (TC) guna persiapan menyambut Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Tak hanya sekadar menjalani latihan, skuad Garuda Nusantara juga akan melakoni sederet laga uji coba selama berada di negeri Matador.

Diketahui, Timnas Indonesia U-20 akan menjalani laga uji coba melawan dua negara kuat, yakni Prancis U-20 dan Slovakia U-20.

Dua laga uji coba tersebut akan digelar di Pinatar Arena, Spanyol, yakni melawan Prancis U-20 pada Kamis (17/11) dan melawan Slovakia U-20 pada hari Sabtu (19/11).

Melawan dua negara kuat yang notabene juga merupakan kontestan Piala Dunia U-20 2023, publik Tanah Air pun mulai mencari tahu kekuatan masing-masing lawan Timnas Indonesia U-20.

Kekuatan tersebut dapat dilihat dari sejumlah pemain hebat yang membela masing-masing negara calon lawan Timnas Indonesia U-20.

Salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah Adam Griger, yang merupakan penyerang haus gol milik Slovakia U-20.

Nama Adam Griger menjadi sorotan karena dirinya digadang-gadang memiliki naluri mencetak gol tinggi seperti striker milik Manchester City, Erling Haaland.

Lantas, siapakah sosok Adam Griger tersebut? Berikut profilnya.

Profil Adam Griger, Duplikat Haaland dari Slovakia

Adam Griger merupakan penyerang muda Slovakia yang lahir pada 16 Maret 2004 atau 18 tahun silam. Diketahui, saat ini ia bermain di Italia, tepatnya di Serie B bersama Cagliari.

Karier penyerang berpostur 192 cm ini bermula di tanah kelahirannya, yakni Presov, Slovakia, di mana ia bergabung dengan tim muda Tatran Presov pada 2012.

Tercatat, ia menimba ilmu di tim kampung halamannya itu selama tujuh tahun atau hingga 2019 sebelum akhirnya hijrah ke Poprad U-19.

Tak butuh waktu lama, talenta Adam Griger menarik atensi tim Slovakia lainnya, yakni Zemplin Michalovce yang merekrutnya pada 2020.

Usai direkrut, Adam Griger pun melakoni debutnya bersama  Zemplin Michalovce di Fortuna Liga atau kasta teratas Liga Slovakia melawan Spartak Trnava.

Bersama Zemplin Michalovce, Adam Griger tercatat hanya tampil 6 laga tanpa mencetak sebiji gol pun. Meski begitu, talentanya menarik atensi tim Austria, LASK pada Desember 2020.

Di Austria sendiri, karier Adam Griger banyak berkutat di tim muda. Ia tercatat mencetak 35 penampilan bagi tim muda LASK dan mencetak 11 gol.

Ia pun hanya lima kali tampil di utama LASK tanpa mencetak satu gol pun. Meski demikian, kiprahnya di tim muda membuat Cagliari tertarik meminangnya.

Cagliari yang berkompetisi di Serie B atau kasta kedua, kemudian meminjam Adam Griger dari LASK pada musim panas 2022 lalu untuk semusim ke depan.

Namun di Cagliari, Adam Griger bermain untuk tim B atau tim Primavera. Tercatat sejauh ini ia telah memainkan 8 laga dan mencetak 3 gol serta 2 assist.

Karena kiprahnya itu, Adam Griger kemudian mendapat panggilan ke Timnas Slovakia kelompok umur. Tercatat, ia telah dipanggil sejak U-15 hingga U-19.

Selama mendapat panggilan membela tim nasional, Adam Griger tercatat telah mencetak 10 penampilan di tim U-15 hingga U-19 dengan sumbangan 1 gol saja.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini