Bolaindonesia

Penjelasan PSSI Kenapa Jordi Amat dan Sandy Walsh Tak Bisa Langsung Bela Timnas usai Jadi WNI

Jordi Amat dan Sandy Walsh tak bisa langsung bela Timnas Indonesia meski sudah WNI

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Sandy Walsh dan Jordi Amat memegang syal Indonesia. (Dok. PSSI)
Sandy Walsh dan Jordi Amat memegang syal Indonesia. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Exco PSSI, Hasani Abdulgani, menjelaskan bahwa Jordi Amat dan Sandy Walsh tak bisa otomatis langsung bisa membela timnas Indonesia usai sumpah WNI.

Dua pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh akan disumpah oleh Kemenkumham RI untuk mendapatkan status WNI. Hal itu disampaikan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan via akun Instagramnya.

"Saya baru saja mendapatkan kabar bahwa hari kamis tanggal 17 November 2022, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan disumpah oleh @kemenkumhamri sebagai Warga Negara Indonesia," tulisnya di keterangan postingan.

Ia pun meminta kepada kedua pemain tersebut untuk segera datang ke Indonesia sebelum tanggal diambil sumpah.

Dua calon pemain naturalisai timnas Indonesia ini langsung bergerak cepat. Baik Amat dan Walsh langsung melakukan perjalanan ke tanah air untuk menjalani sumpah WNI.

Lantas banyak pertanyaan muncul apakah usai sumpah WNI dua pemain tersebut bisa membela timnas Indonesia di Piala AFF 2022?

Exco PSSI, Hasani Abdulgani menyebutkan bahwa Jordi Amat dan Sandy Walsh harus melakukan pindah federasi terlebih dahulu. Sebab, keduanya pernah membela negaranya masing-masing meski tak level senior.

Hasani Abdulgani jawab persyaratan agar Jordi Amat dan Sandy Walsh bisa bela timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Instagram/hasaniabdulgani)
Hasani Abdulgani jawab persyaratan agar Jordi Amat dan Sandy Walsh bisa bela timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Instagram/hasaniabdulgani)

"Tunggu perpindahan federasi dulu," jawab Hasani di Instagram.

"Biasanya tidak lama," imbuhnya terkait pindah federasi.

Artinya dengan ini PSSI akan diburu oleh waktu untuk mendaftarkan Jordi Amat dan Sandy Walsh demi tampil di Piala AFF 2022. Sebab, pendaftaran skuad terakhir pada 20 November 2022.

Berita Terkait

Berita Terkini