Bolaindonesia

Profil Ferry Paulus, Mantan Ketua Umum Persija Jakarta yang Jadi Dirut Baru PT LIB

Ferry Paulus terpilih sebagai direktur utama PT LIB, menggantikan Akhmad Hadian Lukita

Irwan Febri Rialdi

Ferry Paulus. (Dok. Persija)
Ferry Paulus. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Ferry Paulus, pengganti Akhmad Hadian Lukita sebagai Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru atau PT LIB.

Nama Ferry Paulus mendadak menjadi perbincangan di kalangan penikmat sepak bola Tanah Air, usai dirinya ditunjuk sebagai Direktur Utama PT LIB.

Penunjukannya sendiri terjadi usai operator kompetisi di Indonesia itu menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta kemarin, Selasa (15/11).

Dalam rapat tersebut, para pemegang saham sepakat menunjuk Direktur Olahraga Persija Jakarta tersebut untuk menggantikan Akhmad Hadian Lukita.

Sebagai informasi, Akhmad Hadian Lukita sendiri telah ditetapkan menjadi tersangka pasca Tragedi Kanjuruhan di awal Oktober lalu yang menewaskan ratusan orang.

Usai penunjukkan ini, Ferry Paulus pun menyatakan dirinya siap untuk memimpin PT LIB. Bahkan, ia rela mundur dari jabatannya sebagai Direktur Olahraga Persija untuk menghindari Conflict of Interest.

Meski mengaku siap, nyatanya Ferry Paulus bersedia menduduki jabatan sebagai Dirut PT LIB hanya dalam rentang waktu dua atau tiga bulan saja dengan maksud mengisi kekosongan.

“Saya hanya bersedia untuk dua atau tiga bulan ke depan karena sejujurnya saya banyak kesibukan di luar sepak bola. Teman-teman pemegang saham sudah menyetujuinya,” ujar Ferry Paulus dikutip dari Antara.

Lantas, siapakah sosok Ferry Paulus tersebut? Berikut profilnya.

Profil Ferry Paulus, Mantan Ketua Umum Persija dan Exco PSSI

Ferry Paulus bukanlah sosok asing di sepak bola Indonesia. Pria kelahiran Jakarta 26 Mei 1964 silam itu dikenal karena kiprahnya bersama Persija Jakarta.

Pria berusia 58 tahun tersebut dekat dengan sepak bola selama berada di Persija. Ia sendiri pernah menjabat sebagai Ketua Umum Macan Kemayoran periode 2011-2015.

Penunjukannya sebagai Ketua Umum Persija sendiri terjadi dalam Musyawarah Daerah (Musda) pada Juli 2011 silam.

Selain pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persija, Ferry Paulus juga pernah menduduki jabatan sebagai Ketua Pengprov PSSI DKI Jakarta.

Setelah menjadi Ketua Umum, Ferry Paulus kemudian dipercaya untuk mengemban jabatan Presiden Persija hingga 2020.

Sebelum itu, saat Liga 1 2019 lalu ia menjadi Chief Executive Officer (CEO) Macan Kemayoran menggantikan Gede Widiade yang bergabung Persiba Balikpapan.

Lalu pada 2020, terjadi perubahan struktural di manajemen Persija, saat posisi Ferry Paulus sebagai Presiden digantikan Mohamad Prapanca.

Di samping itu, Ferry Paulus tergolong orang yang lihai di organisasi. Tercatat selain aktif di Persija, ia juga merupakan mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini