Bolaindonesia

4 Pemain yang Terancam Dicoret dari Timnas Indonesia usai Jordi Amat dan Sandy Walsh WNI, Ada Sang Kapten

Kemungkinan posisi keempat pemain ini akan tergantikan oleh Sandy Walsh dan Jordi Amat di Piala AFF 2022, termasuk sang kapten di lini belakang

Irwan Febri Rialdi

Pemain Malaysia Muhammad Syafik bin Ismail (kiri) bertarung memperebutkan bola dengan pemain Indonesia Fachruddin Wahyudi Aryanto dalam pertandingan memperebutkan medali perunggu SEA Games di Hanoi pada 22 Mei 2022. (Ye Aung Thu/AFP)
Pemain Malaysia Muhammad Syafik bin Ismail (kiri) bertarung memperebutkan bola dengan pemain Indonesia Fachruddin Wahyudi Aryanto dalam pertandingan memperebutkan medali perunggu SEA Games di Hanoi pada 22 Mei 2022. (Ye Aung Thu/AFP)

Bolatimes.com - Seiring kedatangan Jordi Amat dan Shandy Walsh di tubuh timnas Indonesia, setidaknya ada empat pemain lokal yang terancam dicoret dari skuad asuhan Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2022.

Jordi Amat dan Sandy Walsh jelas menjadi kekuatan baru timnas Indonesia, khususnya di Piala AFF 2022 pada Desember mendatang.

Timnas Indonesia diprediksi bakal tampil dengan kekuatan penuh di Piala AFF 2022, meski skuad belum dirilis resmi.

Shin Tae-yong masih sibuk bersama timnas Indonesia U-20 yang punya agenda tak kalah penting di tahun 2023.

Pelatih asal Korea Selatan itu saat ini memimpin pemusatan latihan skuad U-20 di Eropa, pemilihan pmain tentu jadi sorotan.

Setidaknya terdapat 3 nama pemain lokal yang diprediksi bakal tergusur seiring hadirnya Jordi Amat dan Sandy Walsh di tubuh timnas Indonesia.

Bahkan saat ini proses naturalisasi Shayne Pattynama juga sudah mencapai tahap akhir dan hanya tinggal menunggu pengesahan.

Lantas siapa saja pemain lokal timnas Indonesia yang posisinya bakal tergusur? berikut ini di antaranya.

1. Alfeandra Dewangga

Dewangga sebenarnya pemain multifungsi, bisa ditempatkan di lini tengah dan bertahan bahkan menjadi andalan di Piala AFF 2020.

Namun perubahan skema permainan membuat kualitas Dewangga menurun, bahkan tergusur dari skuad utama timnas Indonesia melawan Curacao.

Jika sang pemain bisa kembali ke top perform, rasanya masih sulit untuk bisa memastikan satu tempat di skuad timnas Indonesia.

Dengan catatan, jika para pemain naturalisasi asal Eropa sudah bisa dimainkan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022.

2. Edo Febriansyah

Edo Febriansyah merupakan pemain yang dibawa Shin Tae-yong di Piala AFF 2020. Berposisi sebagai bek kiri, dia menjadi pelapis dari Pratama Arhan di Timnas Indonesia.

Namun, Edo Febriansyah mungkin tak lagi dilirik Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2022. Pasalnya, ada Sandy Walsh yang mahir di posisi fullback.

3. Koko Ari

Sama seperti Edo Febriansyah, Koko Ari berposisi sebagai fullback. Sandy Walsh bisa menutup posisi tersebut bersama dengan fullback andalan lainnya, seperti Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, hingga Yakob Sayuri.

4. Fachruddin Aryanto

Fachruddin Aryanto menjadi bek senior andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia saat ini. Sejak Piala AFF 2022, pemain asal Klaten ini terus dipercaya hingga meloloskan Garuda ke Piala Asia 2023.

Namun, Fachruddin Aryanto yang kerap menjadi kapten Timnas Indonesia itu kini sudah berusia 33 tahun. Dengan hadirnya Jordi Amat yang posisinya sama dan lebih muda tiga tahun, kemungkinan posisinya akan tergeser.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini