Profil Al-Adalah FC, Klub Kasta Tertinggi Arab Saudi yang Buat Timnas Indonesia U-20 Tak Berdaya

Di Arab Saudi, Al-Adalah FC bukanlah klub sembarangan

Irwan Febri Rialdi
Senin, 14 November 2022 | 14:37 WIB
Timnas Indonesia U-20 vs klub Arab Saudi. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-20 vs klub Arab Saudi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 harus mengakui keunggulan klub asal Arab Saudi, Al-Adalah FC, saat berjumpa pada pertandingan uji coba yang berlangsung di Turki.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Emirhan Side, Turki, Minggu (13/11/2022) itu, timnas Indonesia U-20 digasak dua gol tanpa balas oleh Al-Adalah FC.

Pada pertandingan ini, pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, sebetulnya menurunkan skuad pilihannya termasuk dua calon pemain naturalisasi, Ivar Jenner dan Justin Hubner saat menghadapi Al-Adalah FC.

Namun, rupanya kekuatan tersebut masih belum mampu membendung serangan lawan. Dua gol tim rival di babak kedua membuat Timnas U-20 tak berkutik.

Sebelum itu, timnas Indonesia U-20 menghadapi enam laga uji coba. Rinciannya, Timnas U-20 meraih kemenangan saat melawan Cakallikli Spor dengan skor 2-1 di uji coba pertama, Moldova (3-1) dan Antalyaspor (3-2).

Lalu, Timnas U-20 menahan imbang tanpa gol Moldova U-20 dan seri 3-3 dengan tim asal Norwegia Baerum SK. Adapun kekalahan skuad Garuda Nusantara terjadi tak hanya ketika menghadapi Turki U-20 (1-2) sebelum dilibas Al Adalah.

Profil Al-Adalah FC

Al-Adalah FC merupakan klub sepak bola yang berbasis di Al-Hulaylah, Al-Ahsa, yang berkompetisi di First Division League alias kompetisi kasta kedua di Arab Saudi.

Pada ajang First Division League 2021/2022, Al-Adalah sukses mengakhiri persaingan sebagai runner-up karena sukses mengamankan peringkat kedua. Dengan demikian, mereka berhak merebut tiket promosi ke kasta tertinggi.

Hal itu berarti bahwa Al-Adalah merupakan kontestan Saudi Pro League, kompetisi teratas di Arab Saudi. Musim lalu, mereka hanya kalah selisih gol dari Al-Khaleej yang menjadi juara FDL 2021/2022.

Padahal, sebetulnya koleksi yang dimiliki dua tim di klasemen teratas ini sama-sama berjumlah 66 poin. Namun, Al-Khaleej berhak menjadi juara karena memiliki 15, sedangkan Al-Adalah hanya 10.

Sebagai informasi, klub yang berdiri sejak tahun 1984 ini sudah dua kali menjadi runner-up di Divisi Kedua, yakni pada 2008/2009 dan musim 2015/2016.

Selain itu, Al-Adalah juga telah menghabiskan empat musim di Saudi First Division sebelum akhirnya meraih tiket untuk promosi ke kasta tertinggi Liga Arab Saudi alias Saudi Pro League.

Sebetulnya, keberhasilan pertama mereka meraih tiket promosi ke Saudi Pro League sudah pernah diperoleh ketika musim 2018/2019. Saat itu, mereka berhak naik ke kasta tertinggi karena sukses meraih peringkat ketiga.

Tim yang memiliki julukan FUrsan Al-Waha alias Pendekar Padang Gurun ini menggunakan Stadion Prince Abdullah bin Jalawi yang berbasis di Al-Ahsa sebagai markasnya.

Dengan demikian, mereka harus berbagi kandang dengan tiga klub sepak bola yang sama-sama berbasis di Al-Ahsa, yakni Al-Fateh, Hajer, dan Al-Jeel.

Apabila merujuk pada peta kekuatan yang dimiliki Al-Adalah, sebetulnya wajar saja jika klub asal Arab Saudi ini sukses menumbangkan perlawanan timnas Indonesia U-20.

Sebab, tim asuhan Martin Sevela ini diperkuat sejumlah pemain asing yang berkualitas. Tercatat ada Milan Mijatovic (Montenegro), Martin Angha (Swiss), Mikael Dyrestam (Guinea), hingga Ass Mandaw Sy (Senegal).

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

TERKINI

Timnas Indonesia U-20 2023 akan melakoni laga uji coba.
bolaindonesia | 16:33 WIB
Dari 18 klub Liga 1 2022/2023, hanya empat tim saja yang percaya kepada pelatih lokal
bolaindonesia | 16:30 WIB
Timnas Indonesia U-20 bakal lawan tiga negara ini.
bolaindonesia | 15:47 WIB
Di Indonesia masih sibuk pelatih tim nasional dikritik pelatih klub. Direktur Tekniknya entah sudah cari lawan atau belum
bolaindonesia | 15:45 WIB
Asisten STY tanggapi ribut-ribut pemanggilan pemain ke TC Timnas U-20.
bolaindonesia | 15:39 WIB
Ini dia Alasan kenapa Arema FC menunjuk pelatih lokal I Putu Gede untuk menggantikan Javier Roca.
bolaindonesia | 14:56 WIB
Tiga pemain Asia Tenggara masuk dalam nominasi penghargaan Pemain Terbaik Asia 2022
bolaindonesia | 14:30 WIB
Pelatih Bali United, masih punya opsi pengganti bombernya di sisa pertandingan BRI Liga 1 2022/2023.
bolaindonesia | 14:29 WIB
Ketum PSSI memohon ke klub segera lepas pemainnya.
bolaindonesia | 13:54 WIB
Witan bakal langsung debut nih lawan Arema FC?
bolaindonesia | 13:48 WIB
Shin Tae-yong tak hadir dalam pertemuan itu. Dia mengutus sang asisten, Nova Arianto.
bolaindonesia | 13:42 WIB
Luis Milla blak-blakan menyebut para pemain Persib Bandung pemahaman taktiknya kurang, sehingga dirinya memutar otak untuk menemukan strategi yang cocok hingga akhirnya tak terkalahkan dalam 14 laga
bolaindonesia | 13:29 WIB
Saksikan duel Dewa United vs Borneo FC sore ini
bolaindonesia | 13:23 WIB
Daisuke Sato ingin kalahkan Bali United.
bolaindonesia | 11:33 WIB
Putu Gede membawa Arema FC meraih trofi saat menjadi pemain profesional.
bolaindonesia | 21:15 WIB
Di tengah Shin Tae-yong yang mulai mendapatkan sorotan usai gagal di Piala AFF 2022, Luis Milla tiba-tiba ramai dibicarakan karena prestasinya bersama Persib Bandung yang belum terkalahkan dalam 14 laga secara beruntun.
bolaindonesia | 21:00 WIB
Media tuan rumah Piala Asia 2023 sempat menyindir Timnas Indonesia
bolaindonesia | 20:18 WIB
Tampilkan lebih banyak