Bolaindonesia

3 Pemain Timnas yang Pensiun Dini Akibat Cedera, Ada Eks Top Skor Piala Tiger

Andai tak cedera, para pemain top ini bisa berkontribusi lebih untuk Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Kiper Timnas Singapura, Lionel Lewis (kanan) mencoba menangkap bola sepakan pemain Timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma (tengah) dan pemain Singapura Baihakki bin Khaizan (kiri) menyaksikan di Final Tiger Cup di Jakarta, 08 Januari 2005. (AFP/ ADEK BERRY)
Kiper Timnas Singapura, Lionel Lewis (kanan) mencoba menangkap bola sepakan pemain Timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma (tengah) dan pemain Singapura Baihakki bin Khaizan (kiri) menyaksikan di Final Tiger Cup di Jakarta, 08 Januari 2005. (AFP/ ADEK BERRY)

Bolatimes.com - Cedera bisa menjadi faktor besar yang membuat seorang pesepakbola terpaksa pensiun. Hal ini pula yang terjadi pada beberapa pemain Timnas Indonesia.

Padahal pada masa kejayaannya, para pemain ini merupakan andalan di Timnas Indonesia dan berhasil menorehkan prestasi saat bermain di level klub.

Pemulihan yang lama biasanya menjadi penyebab utama sehingga para pemain semakin berpotensi untuk gantung sepatu.

Ambil contoh pemain dunia, ada Marco van Basten yang kudu pensiun saat usianya 28 tahun akibat cedera engkel. Begitu juga dengan eks pemain Manchester United, Owen Hargreaves.

Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang terpaksa pensiun akibat cedera?

1. Firmansyah

Pernah menjadi bek terbaik di timnas Indonesia era 2000-an, Agus Firmansyah kerap menjadi pilihan utama pelatih Timnas Indonesia mulai dari Peter White, Ivan Kolev, hingga Rahmad Darmawan.

Sayangnya pada 2007, sebelum gelaran Piala Asia 2007 di Indonesia, Firmansyah mengalami cedera robek bantalan persendian kaki kanan.

Setelah pulih dari cedera, Firmansyah sempat kembali merumput dan membela beberapa tim. Namun, dia gagal menemukan performa terbaiknya lagi hingga akhirnya pensiun pada 2010 saat usianya masih 30 tahun.

2. Ilham Jayakesuma

Di era 2000-an, Timnas Indonesia memiliki banyak striker hebat yang salah satunya adalah Ilham Jayakesuma. Dia juga tampil luar biasa bersama Persita Tangerang di level klub.

Dia pernah bermain di berbagai klub besar Indonesia seperti Persita, Persisam, Mitra Kukar hingga bermain di Malaysia bersama Selangor.

Ilham juga sempat jadi andalan Timnas Indonesia di Piala Tiger 2004 dan meraih gelar top skor di ajang tersebut. Sayang, cedera membuat kariernya harus berakhir lebih cepat.

Setelah mengalami cedera cukup serius saat bermain di Malaysia, Ilham tak menemukan lagi kualitas terbaiknya dan pensiun saat usianya masih 33 tahun.

3. Mauly Lessy

Duet Firmansyah di lini belakang Timnas Indonesia era 2000-an ini adalah salah satu bek terbaik di masanya. Meski namanya terlambat muncul, Lessy sempat jadi andalan di timnas.

Mauly Lessy juga sempat bermain untuk Persipura dan meraih gelar Liga Indonesia 2005. Sayang cedera membuat kariernya menurun dan akhirnya pensiun di usia 35 tahun.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini