5 Jebolan Piala Dunia yang Pernah Main di Liga Indonesia, Ada Legenda Timnas Argentina saat Juara 1978

Berikut 5 jebolan Piala Dunia yang pernah bermain di Liga Indonesia, salah satunya legenda Argentina saat juara di edisi 1978.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 01 November 2022 | 06:30 WIB
Mario Kempes (nomor 9) saat bermain di Liga Indonesia bersama Pelita Jaya. (Twitter/@rasjawa)

Mario Kempes (nomor 9) saat bermain di Liga Indonesia bersama Pelita Jaya. (Twitter/@rasjawa)

Bolatimes.com - Beberapa pemain yang pernah mentas di Piala Dunia tercatat pernah merasakan atmosfer sepak bola di Indonesia.

Dalam perjalanannya, banyak pemain top dunia pernah bermain langsung di kompetisi sepak bola Indonesia. Bahkan, di antaranya ada yang pernah mentas di ajang sebesar Piala Dunia.

Beberapa pemain ini mencoba peruntungan bermain di Indonesia. Menariknya, sejumlah nama adalah pemain hebat. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Istimewa, Luis Suarez Bawa Nacional Juara Liga Uruguay meski Baru Beberapa Bulan Gabung

1. Michael Essien

Michael Essien bersama Persib Bandung. [Antara]
Michael Essien bersama Persib Bandung. [Antara]

Jebolan Piala Dunia pertama yang pernah bermain di Liga Indonesia adalah Essien. Eks Real Madrid tersebut pernah membela Persib Bandung pada 2017 silam.

Saat itu Essien langsung bikin heboh publik sepak bola Indonesia. Sebab, saat itu dia masih punya nama dan terkenal setelah meninggalkan Chelsea.

Baca Juga: Andai Jurgen Klopp Cabut, Berikut 3 Pelatih yang Cocok Tangani Liverpool

Essien merupakan pemain Ghana yang pernah jadi bagian Timnas Ghana di Piala Dunia 2006. Saat itu Ghana cuma sampai di babak 16 besar usai disingkirkan Brasil.

2. Pierre Njanka

Njanka merupakan salah satu bek asing ternama di Liga Indonesia. Dia merupakan bagian dari skuad Timnas Kamerun di Piala Dunia 1998.

Baca Juga: Profil Giacomo Raspadori, Bintang Baru yang Bantu Napoli Bersinar di Liga Champions

Di Indonesia Njanka pernah bermain untuk Persija Jakarta, Arema FC, Aceh United, Mitra Kukar, dan Putra Samarinda. Dari sekian tim yang Njanka bela, ia paling bersinar di Arema FC. Disana ia berhasil membawa Singo Edan meraih juara Liga Super Indonesia musim 2009-2010.

3. Peter Odemwingie

Peter Odemwingie saat berseragam Madura United di Liga 1 2017. (Dok. Madura United)
Peter Odemwingie saat berseragam Madura United di Liga 1 2017. (Dok. Madura United)

Setelah Michael Essien, Madura United juga mendatangkan pemain jebolan Piala Dunia dan Liga Inggris, Odemwingie. Dia datang ke Indonesia di musim 2017/18.

Baca Juga: Belum Terpecahkan, Berikut 2 Kiper yang Ukir Rekor Clean Sheet Terbanyak di Piala Dunia

Odemwingie pernah membela Nigeria yang ikuti berpartisipasi di dua edisi Piala Dunia, yakno 2010 dan 2014. Kualitasnya semakin terbukti saat ia tampil bersama beberapa klub di Liga Inggris, seperti Stroke City, Cardiff, hingga WBA.

4. Didier Zokora

Semen Padang membuat kejutan ketika mendatangkan Didier Zokora pada 2017. Zokora merupakan bagian dari Timnas Pantai Gading di Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014.

Selain di Piala Dunia, Zokora juga sempat bermain di Liga Inggris bersama Tottenham Hotspur pada 2006-2009.

5. Mario Kempes

Mario Kempes saat membela Timnas Argentina. (Twitter)
Mario Kempes saat membela Timnas Argentina. (Twitter)

Tak cuma tampil di Piala Dunia, Mario Kempes bahkan membawa Timnas Argentina menjadi kampiun Piala Dunia 1978. Dia juga menjadi top skor di edisi itu dengan 6 gol.

Kempes akhirnya berlabuh ke Liga Indonesia pada 1993 untuk bermain bersama Pelita Jaya. Waktu bergabung memang Kempes sudah melewati masa keemasannya alias sudah berusia 39 tahun. Pada saat di Pelita, ia bermain sebanyak 18 laga dan sukses membukukan 12 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak