Berkualitas, 4 Pemain Naturalisasi yang Kurang Bersinar di Timnas Indonesia

Sejumlah pemain hanya mampu mencatatkan sedikit penampilan bersama skuad Garuda.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Tonnie Cusell. (Instagram/Tonniecusell)

Tonnie Cusell. (Instagram/Tonniecusell)

Bolatimes.com - PSSI sebetulnya sudah mulai giat menjalankan program naturalisasi pemain asing untuk memperkuat Timnas Indonesia sejak lama.

Program semacam ini sempat gencar dilakukan sejak tahun 2010. Berbagai pemain asing yang dinilai mampu mendongkrak performa timnas Indonesia kemudian diproses untuk jadi WNI.

Sayangnya, dari sekian banyak pemain yang dinaturalisasi, ada beberapa nama yang justru kurang bersinar bersama timnas Indonesia. 

Sejumlah pemain di antaranya hanya mampu mencatatkan sedikit penampilan bersama skuad Garuda hingga akhirnya pensiun dari dunia sepak bola.

Berikut Bolatimes.com menyajikan nama-nama pemain naturalisasi yang akhirnya tak mampu bersinar bersama timnas Indonesia.

1. Sergio Van Dijk

Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Salah satu pemain naturalisasi yang diharapkan mampu mendongkrak prestasi timnas Indonesia ialah Sergio Van Dijk. Dia dinaturalisasi pada 2013.

Namun, ternyata Van Dijk gagal memenuhi ekspektasi. Sebab, pemain berkepala plontos ini hanya sanggup menyumbang satu gol dari enam aksinya bersama skuad Merah Putih.

Padahal, dia sebelumnya punya rekam jejak mentereng di Liga Australia. Dari 87 penampilan, Van Dijk sukses mendulang total 40 gol. Dia pun diketahui pensiun pada 2020 dan memulai karier baru sebagai agen pemain.

2. Greg Nwokolo

Selanjutnya, ada pesepak bola asal Nigeria yang mendapat kesempatan untuk memiliki kewarganegaraan Indonesia melalui jalur naturalisasi, yakni Greg Nwokolo.

Greg sebetulnya sudah jalani proses naturalisasi sejak 10 Oktober 2011, tetapi dia baru bisa bermain bersama timnas Indonesia pada Maret 2013. Artinya, ada rentang waktu nyaris dua tahun.

Sayangnya, Greg juga tak bisa bersinar di level tim nasional. Sebab, dari delapan penampilannya bersama skuad Merah Putih, ia hanya sanggup menyumbangkan dua gol.

3. Jhonny van Beukering

Mantan striker Timnas Indonesia, Jhonny van Beukering. (Instagram/@Jhonnyvanbeukering).
Mantan striker Timnas Indonesia, Jhonny van Beukering. (Instagram/@Jhonnyvanbeukering).

Jelang bergulirnya ajang Piala AFF 2012, PSSI pernah melakukan naturalisasi pemain untuk menambah kekuatan timnas Indonesia. Saat itu, salah satu nama pemain yang dinaturalisasi ialah Jhonny van Beukering, 

penyerang kelahiran Belanda. Penampilan perdananya bersama skuad Garuda tercatat pada laga uji coba kontra Timor Leste.  Saat itu, ia mencetak satu assist untuk Bambang Pamungkas. 

Sementara itu, debutnya pada pertandingan resmi tercipta ketika timnas Indonesia berjumpa Malaysia pada babak penyisihan grup Piala AFF 2012.

Namun, semenjak saat itu, pemain yang identik dengan tubuh gempal ini tak kunjung mendapatkan panggilan timnas Indonesia.

4. Tonnie Cussel

Selain van Beukering, pemain kelahiran Belanda lainnya yang juga dinaturalisasi oleh PSSI menjelang Piala AFF 2012 ialah Tonnie Cusell.

Tonnie Cusell merupakan sepupu dari pemain naturalisasi Indonesia lainnya, Stefano Lilipaly. Ia juga sama-sama mencetak debut pada laga uji coba kontra Timor Leste.

Pada gelaran Piala AFF 2012, pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, ini hanya mampu memainkan satu penampilan, yakni pada laga melawan Malaysia di fase penyisihan grup.

Sejak saat itu, Tonnie Cussel belum pernah melanjutkan kiprahnya bersama timnas Indonesia. Dia pun akhirnya memutuskan gantung sepatu pada tahun 2014.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB
Tampilkan lebih banyak