Beda dengan Elkan Baggott, Proses Naturalisasi Justin Hubner dan Ivar Jenner akan Berlangsung Lama

Justin Hubner dan Ivar Jenner tidak akan mendapat WNI semudah Elkan Baggott. Begini alasannya

Senin, 24 Oktober 2022 | 11:29 WIB
Dua pemain keturunan, Justin Hubner dan Ivar Jenner sudah tiba di Indonesia. (Dok. PSSI)

Dua pemain keturunan, Justin Hubner dan Ivar Jenner sudah tiba di Indonesia. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Proses naturalisasi dua pemain keturunan, Justin Hubner dan Ivar Jennar, dipastikan bakal berlangsung cukup lama. Berbeda dengan proses Elkan Baggott.

PSSI menyebut  Justin Hubner dan Ivar Jenner tengah mengurus proses naturalisasi dengan harapan bisa secepatnya membela Timnas Indonesia U-20.

Kabar tersebut menimbulkan pertanyaan besar lantaran pemain muda biasanya tak perlu menjalani proses naturalisasi karena masih bebas memilih kewarganegaraan.

Hal itu sempat terjadi pada bek Timnas Indonesia Elkan Baggott. Pemain berdarah Indonesia-Inggris yang lahir di Thailand pada 2002 silam itu tidak melewati proses naturalisasi sebelum gabung skuad Garuda.

Dua pemain keturunan, Justin Hubner dan Ivar Jenner tengah menyambangi Indonesia. [Dok. PSSI]
Dua pemain keturunan, Justin Hubner dan Ivar Jenner tengah menyambangi Indonesia. [Dok. PSSI]

Elkan Baggott yang memiliki darah Indonesia dari sang ibu, memilih menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada November 2022 lalu. Hal itu bisa terjadi lantaran dia belum genap berusia 18 tahun.

Hal itu sesuai dengan UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang kewarganegaraan di mana pasal 6 ayat 1 menyebutkan bahwa anak berkewarganegaraan ganda harus memilih salah satu kewarganegaraannya setelah berusia 18 tahun atau ketika sudah menikah.

Merujuk hal itu, proses perpindahan kewarganegaraan seperti Elkan Baggott tak lagi bisa diterapkan untuk Justin Hubner dan Ivar Jenner yang saat ini sudah menginjak usia di atas 17 tahun.

Bek tengah tim nasional Indonesia Elkan Baggott memberikan keterangan kepada pewarta usai berlatih di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/11/2021). Elkan menyampaikan beberapa hal terkait pengalamannya memperkuat skuad berjuluk "Garuda" dan persiapan menuju Piala AFF 2020. (Michael Siahaan/ANTARA).
Bek tengah tim nasional Indonesia Elkan Baggott memberikan keterangan kepada pewarta usai berlatih di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/11/2021). Elkan menyampaikan beberapa hal terkait pengalamannya memperkuat skuad berjuluk "Garuda" dan persiapan menuju Piala AFF 2020. (Michael Siahaan/ANTARA).

Ivar Jenner yang kini membela FC Utrecht U-21 sudah berusia 18 tahun. Sementara Justin Hubner yang membela Wolverhampton U-21, sudah berusia 19 tahun.

Situasi membuat baik Ivar maupun Justin sudah otomatis berpaspor Belanda. Karenanya, perpindahan kewarganegaraan mereka harus dilakukan melalui proses naturalisasi seperti halnya Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Kondisi itu membuat PSSI dan pemerintah Indonesia harus bergerak cepat agar proses naturalisasi kedua pemain bisa selesai tepat waktu.

Pasalnya, Justin Hubner dan Ivar Jenner diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia U-20 di ajang Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung tahun depan di mana skuad Garuda adalah tuan rumah.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak