Profil Sergio Van Dijk, Eks Striker Naturalisasi Timnas Indonesia yang Dirikan Maluku United

Sergio Van Dijk dirikan klub di Indonesia dengan nama Maluku United

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 21 Oktober 2022 | 16:30 WIB
Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Bolatimes.com - Dunia sepak bola Indonesia pernah digegerkan dengan salah satu pemain keturunan asal Belanda, Sergio Van Dijk yang sempat digadang-gadang menjadi pemain masa depan timnas Indonesia.

Lahir di Assen pada 6 Agustus 1982, namanya dikenal luas di sepak bola Belanda, saat itu Sergio bermain untuk klub VV Pelikaan S.

Sergio Van Dijk merupakan putra dari Antonia Polnaya dan Roelof Van Dijk, ia juga memiliki seorang adik bernama Danny Van Dijk.

Singkat cerita, Van Dijk menjadi salah satu pemain naturalisasi Indonesia dan hal itu tak lepas dari darah Tanah Air yang berasal dari sang ayah.

Kewarganegaraan Indonesia resmi didapat pada 2013 lalu, memiliki postur tubuh 185 cm Van Dijk menjadi gelandang dan striker ulung bagi timnas.

Nama Van Dijk kembali menjadi perbincangan setelah dirinya baru-baru ini mendirikan klub sepak bola di Indonesia bersama Raphael Maitimo. Klub itu dinamai Maluku United.

Awal Karier

Memiliki nama asli Serginho, diambil dari salah satu legenda Brasil era 1980-an, Serginho Chulapa dan mengawali karier untuk klub lokal Kota Assen, LTC.

Di tahun 1995 ia masuk ke akademi Groningen, bahkan saat itu ia berada di satu tim dengan bintang timnas Belanda, Arjen Robben.

Butuh lima tahun baginya untuk masuk ke skuat utama pada 1990, tak seperti Robben yang melegenda, Van Dijk saat itu hanya jadi cadangan di Groningen.

Tak kunjung bersinar di kampung halamannya, Van Dijk memilih berkarier di luar Belanda dan Australia jadi destinasi pilihannya.

Hal itu terbukti, keputusan bergabung Brisbane Roar menjadikan nama Van Dijk bersinar dan menjadi perbincangan hangat di Indonesia.

Hingga di tahun 2013, ia memutuskan bergabung dengan Persib Bandung dan menjadi salah satu minat terbaik penonton selama gelaran Liga Super Indonesia.

Seiring waktu, Van Dijk yang mendapatkan naturalisasi Indonesia juga turut bermain untuk timnas Indonesia meski tak cemerlang.

Berikut profil Sergio Van Dijk.

Nama Lengkap:Serginho Van Dijk
Tempat Lahir:Assen, Belanda
Tanggal Lahir:06 Agustus 1982 (35 Tahun)
Kebangsaan: Indonesia

Karir Pemain
2000–2002 Groningen
2002–2005 Helmond Sport
2005–2008 Emmen
2008–2010 Brisbane Roar
2010–2013 Adelaide United
2013–Persib Bandung

Video yang mungkin Anda sukai:

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB
Tampilkan lebih banyak