Media Vietnam: Jika Shin Tae-yong Mundur, Sepak Bola Indonesia Akan Terpuruk

Pandangan pengamat sepak bola Vietnam soal Shin Tae-yong nyatakan mundur.

Arif Budi Setyanto | BolaTimes.com
Minggu, 16 Oktober 2022 | 19:30 WIB
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Media Vietnam ikut menyoroti pernyataan Shin Tae-yong yang menyatakan siap mundur jika Ketum PSSI, Mochamad Iriawan mengundurkan diri imbas tragedi Kanjuruhan.

Mengomentari hal itu, pakar sepak bola Vietnam bernama Vu Manh Hai menjelaskan secara profesional, Shin Tae-yong adalah pelatih sangat baik dalam strategi.

"Shin Tae-yong telah memimpin berbagai kelompok umur di timnas Indonesia dan telah berkembang. Itu harus diakui," ucap Vu Manh Hai disadur dari Soha.vn pada Minggu (16/10/2022).

Baca Juga: Boaz Solossa Balik ke Persipura Jayapura, Begini Komentar PSS Sleman

"Tentu jika Pak Shin mundur, saya kira sepak bola Indonesia akan terpuruk. Karena sepak bola Indonesia sekarang sangat mengikuti filosofinya," imbuhnya.

Kendati demikian, Vu Manh Hai menyoroti sikap Shin Tae-yong yang seakan membela Ketum PSSI, Mochamad Iriawan. Hal itu disayangkan karena hubungannya terlalu personal dengan pria yang akrab Iwan Bule.

Pernyataan Shin Tae-yong jika Ketum PSSI ikut mundur. (Instagram/shintaeyong7777)
Pernyataan Shin Tae-yong jika Ketum PSSI ikut mundur. (Instagram/shintaeyong7777)

"Shin Tae-yong terlalu emosianal. Meski memiliki keahlian yang cukup baik, ia menciptakan banyak keributan. Hubungan antara Shin dan Ketum PSSI sangat pribadi dan itu tidak menguntungkan sepak bola Indonesia."

Baca Juga: Mason Greenwood Ditangkap Polisi Lagi, Kini Langgar Jaminan Bebas Bersyarat

"Tidak peduli seberapa berjasanya Shin Tae-yong, sulit bagi penggemar Indonesia untuk setuju dengannya jika dia terus melakukan hal salah. Sekarang dia menyatakan bahwa jika Ketum PSSI mundur, kemungkinan ia juga akan mundur," tegas Vu Manh Hai.

Maka dari itu, jika memang Shin Tae-yong mundur dari kepelatihan, Vu Manh Hai mengatakan itu bagus untuk jangka panjang sepak bola Indonesia, meski harus bersusah payah bangkit lagi.

"Meski sepak bola Indonesia akan menurun jika Shin Tae-yong mundur, masih lebih baik untuk menemukan orang lain yang baik dalam keahlian dan gaya pribari. Jika ada pelatih yang layak dan tidak memihak, itu akan bagus," tandasnya.

Baca Juga: Perpanjang Kontrak dengan Manchester City, Phil Foden: Mimpi Jadi Kenyataan

Terlepas dari itu, saat ini belum ada tanda-tanda Shin Tae-yong tak betah di timnas Indonesia. Nyatanya, kini ia sedang fokus bersama tim U-19 yang menjalani pemusatan latihan di Eropa sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak