Bolaindonesia

Sering Pindah-pindah, di Mana Sih Kantor PSSI?

Kantor PSSI seperti keong, sering berpindah-pindah karena belum memiliki kantor permanen

Irwan Febri Rialdi

Logo PSSI. [laman resmi PSSI]
Logo PSSI. [laman resmi PSSI]

Bolatimes.com - Lokasi kantor dari PSSI kini menjadi sorotan. Sebagai federasi sepak bola di Indonesia, ironisnya mereka tidak punya kantor tetap dan kerap berpindah-pindah.

Pembahasan menyoal kantor PSSI ini mencuat setelah anggota Exco PSSI, Ahmad Riyadh, menyebut bahwa FIFA akan berkantor di Indonesia dengan gedung yang juga ditempati PSSI.

FIFA sendiri bakal berkantor di Indonesia untuk melakukan transformasi sepak bola Tanah Air, setelah tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Publik lalu bertanya-tanya menyoal lokasi kantor PSSI. Riyadh bahkan menjawab PSSI sudah memiliki kantor yang nantinya juga akan ditempati oleh FIFA.

"FIFA sudah datang dan gabung dengan kantor kami PSSI," kata Ahmad Riyadh saat ditemui di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (11/10/2022), dikutip dari Suara.com.

"Mulai kemarin FIFA sudah datang, digabung dengan kantor kami di PSSI. Nanti kami ada pertemuan untuk kelanjutannya sampai nanti puncaknya Presiden FIFA datang pada 18 atau 19 Oktober," tambahnya.

Lokasi Kantor PSSI

Lantas, sebetulnya di mana kantor PSSI berlokasi? Sebagai federasi tertinggi yang mewadahi induk-induk sepak bola se-Indonesia, informasi mengenai ini memang tak banyak diketahui.

Sebagai informasi, PSSI awalnya berkantor di kawasan Stadion Utama Gelora bung Karno (SUGBK). Hal ini wajar jika menilik historis dari GBK dan induk-induk olahraga lain yang bertempat di sana.

Akan tetapi, kantor PSSI harus tergusur karena kawasan GBK direnovasi pada 2016 untuk persiapan gelaran Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Mulai saat itu PSSI tak memiliki kantor yang tetap. Mereka sempat berpindah-pindah, mulai dari berkantor di Rasuna Office, Grand Rubina, hingga rumah mewah di kawasan Kemang.

PSSI juga diketahui pernah berkantor di Gedung FX Sudirman di Jalan Sudirman hingga pertengahan 2022. Namun, hal ini berbeda dengan keterangan yang tertera di situs resmi PSSI.

Di situs resmi PSSI, mereka menuliskan bahwa kantor PSSI saat ini beralamat di GBK Arena lantai enam yang berada di Jalan Asia Afrika, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini