Bisa Jadi Pembelajaran, Berikut 5 Penyebab Timnas Indonesia U-16 Dibantai Malaysia

Sempat dijagokan, Timnas Indonesia U-16 justru tumbang dengan skor tela 1-5 lawan Malaysia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 10 Oktober 2022 | 17:30 WIB
Timnas Indonesia U-16 kalah telak dari Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Instagram/famalaysia)

Timnas Indonesia U-16 kalah telak dari Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Instagram/famalaysia)

Bolatimes.com - Berikut deretan penyebab Timnas Indonesia U-16 dibantai Malaysia di laga penentuan juara grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Timnas Indonesia U-16 menjalani hari yang buruk di laga terakhir grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 saat menjamu rival abadinya, Malaysia, Minggu (9/10).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Pakansari tersebut, skuad Garuda Asia harus menelan kekalahan memalukan dengan skor 1-5 dari Malaysia.

Baca Juga: Respons Berkelas Asisten Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia U-16 Kalah Telak dari Malaysia

Kekalahan ini terasa memalukan sebab Timnas Indonesia U-16 sejak awal dijagokan bisa mengalahkan Malaysia, menyusul kiprah apiknya melawan tim-tim di grup B.

Bahkan parahnya lagi, kekalahan Timnas Indonesia U-16 ini sudah didapatkan sejak babak pertama kala Malaysia mencetak lima gol dalam tempo 20 menit saja.

Malaysia mampu membombardir gawang Timnas Indonesia U-16 lewat dua gol Arami Wafiy dan satu gol yang masing-masing dicetak oleh Zainurhakimi, Anjasmirza, dan Afiq Danish.

Baca Juga: 3 Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Performanya Menurun saat Dibantai Malaysia

Sedangkan satu-satunya gol Timnas Indonesia U-16 yang dicetak di laga ini dibuat oleh Arkhan Kaka saat laga memasuki masa Injury Time babak kedua.

Kekalahan dari Malaysia ini pun membuat langkah Timnas Indonesia U-16 untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 harus sirna.

Karena hasil melawan tim peringkat ke-4 dan peringkat ke-5 tak dihitung, Timnas Indonesia U-16 yang berada di Runner Up grup B pun tak bisa melangkah ke putaran final Piala Asia U-17 2023 lewat jalur Runner Up grup terbaik.

Baca Juga: Lolos ke Piala Asia U-17 2023, Qatar Ternyata Diperkuat Pemain Asal Indonesia

Dalam kekalahan ini, terdapat beberapa faktor mengapa Timnas Indonesia U-16 yang superior sejak hari pertama kualifikasi, justru harus melempem dan kalah dari Malaysia dengan skor mencolok.

Berikut deretan faktor atau penyebab kekalahan tersebut.

1. Kelelahan

Baca Juga: Profil Brad Maloney, Eks Pelatih Malaysia U-23 yang Dipecat tapi Kini Sukses Antar Australia Lolos ke Piala Asia U-17

Dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 ini, Timnas Indonesia U-16 harus bertanding sebanyak empat kali dalam rentang waktu seminggu. Jelas faktor kelelahan menjadi faktor utama kekalahan ini.

Parahnya lagi, faktor kelelahan ini dikarenakan Bima Sakti jarang melakukan rotasi di setiap laganya. Hal ini berbeda dengan Malaysia yang berani melakukan rotasi saat timnya menghadapi lawan-lawan mudah.

2. Pertahanan yang Buruk

Kebobolan lima gol dalam tempo 20 menit merupakan catatan yang buruk. Jelas sektor pertahanan Timnas Indonesia U-16 pun menjadi sorotan di laga ini.

Apalagi mayoritas gol dari Malaysia berasal dari serangan balik cepat dan blunder yang dilakukan barisan pertahanan Timnas Indonesia U-16 baik saat menguasai bola atau saat mengantisipasi bola.

3. Mental Pemain

Kalah 0-5 di babak pertama jelas memberikan pukulan telak kepada para pemain muda Timnas Indonesia U-16 yang belum berpengalaman.

Kekalahan telak di babak pertama ini membuat para pemain Timnas Indonesia U-16 kesulitan untuk mengejar defisit gol. Apalagi, gol-gol Malaysia terjadi dalam tempo yang terbilang singkat.

4. Absennya Sang Pemimpin

Tak adanya figur pemimpin di Timnas Indonesia U-16 seiring absennya Muhammad Iqbal Gwijangge membuat skuad Garuda Asia nampak bermain tanpa arah, terutama di sektor belakang.

Sulthan Zaky yang diplot sebagai kapten di laga ini, gagal mengangkat moril rekan setimnya usai kebobolan gol dari Malaysia.

5. Malaysia Bangkit

Kredit pun layak diberikan kepada pelatih Malaysia, Osmera bin Omaro, yang berhasil membuat Timnas Indonesia U-16 tak berkutik dengan gaya bermain yang mengandalkan Fastbreak.

Osmera bin Omaro bahkan mampu membuat Malaysia bangkit usai menelan hasil buruk di laga kontrak Guam dan mampu berbicara banyak kala melawan tim kuat sekelas Uni Emirat Arab dan Timnas Indonesia U-16.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak