Bolaindonesia

Profil Palestina, Lawan Ketiga Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Sebarapa kuat dan hebat Palestina? Simak ulasannya berikut

Irwan Febri Rialdi

Timnas Palestina U-17 yang akan jadi lawan timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Instagram/palestine_talentss)
Timnas Palestina U-17 yang akan jadi lawan timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Instagram/palestine_talentss)

Bolatimes.com - Timnas Palestina U-16 akan menjadi ujian selanjutnya bagi timnas Indonesia U-16 yang telah melewati dua pertandingan awal Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan catatan positif.

Menurut jadwal, duel antara timnas Indonesia U-17 melawan Palestina pada lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 akan berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat (7/10/2022) pukul 20.00 WIB.

Apabila menilik performanya sebelum menghadapi Indonesia pada laga esok, sebetulnya catatan yang ditorehkan Palestina pada dua laga awal Grup B memang tak terlalu menakutkan.

Sebab, dari dua pertandingan awal, Palestina selalu menelan kekalahan, yakni ketika dihajar Malaysia dengan skor 0-4 pada laga perdana, lalu ditekuk Uni Emirat Arab dengan skor tipis 3-4.

Untuk pertandingan yang disebut terakhir, skornya memang cukup mengkhawatirkan. Sebab, Palestina hanya kalah tipis dari UEA. Artinya, mereka mampu memberikan perlawanan serta ancaman untuk lawannya.

Profil Timnas Palestina U-16

Jika mempertimbangkan prestasinya selama ajang Kualifikasi Piala Asia U-17, sebetulnya Palestina bukanlah lawan yang patut dikhawatirkan oleh timnas Indonesia U 16.

Pasalnya, mereka punya catatan yang tak bagus-bagus amat di ajang ini. Sejak pertama kali mengikuti ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 pada tahun 1998, mereka belum pernah sekali pun lolos ke putaran final.

Untuk edisi yang terakhir, yakni pada 2020, mereka sebetulnya sudah memperlihatkan perbaikan prestasi. Mereka tergabung di Grup C bersama Iran, Maladewa, dan Afghanistan.

Hasilnya, Palestina sukses merebut dua kemenangan, yakni saat menghadapi Afghanistan (3-0) dan Maladewa (4-1), sedangkan satu laga lainnya mereka tumbang 1-2 dari Iran.

Dengan hasil ini, Palestina hanya bisa mengakhiri persaingan di peringkat kedua klasemen Grup C. Mereka gagal lolos ke putaran final karena kalah bersaing di perebutan tiket via jalur runner-up terbaik.

Sebetulnya, Palestina U-16 juga punya persiapan yang cukup baik sebelum Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Sebab, mereka sempat berpartisipasi pada ajang Piala Arab U-17 2022 yang berlangsung di Aljazair.

Sayangnya, kiprah mereka di ajang ini melempem. Tergabung di Grup A bersama Aljazair, Sudan, dan Uni Emirat Arab, mereka mengakhiri persaingan sebagai juru kunci.

Palestina tak mampu meraih kemenangan. mereka tercatat tumbang dari Aljazair (0-5) dan Sudan (0-3), lalu ditahan imbang Uni Emirat Arab tanpa gol.

Nasib serupa juga mereka alami pada ajang Piala WAFF U-16 2022 yang berlangsung beberapa bulan sebelum Piala Arab U-16 2022.

Pada ajang antarnegara Asia Barat ini, mereka menjadi bulan-bulanan ketika bersaing di Grup B bersama Suriah, Lebanon, dan Kuwait.

Seluruh pertandingannya berakhir dengan catatan negatif. Sebab, mereka kalah beruntun saat berjumpa Suriah (1-2, Kuwait (0-1), dan Lebanon (0-2).

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini