Bolaindonesia

Profil Purwanto Suwondo, Mantan Rekan Setim Bepe di Persija yang Selebrasinya Ditiru Sang Anak Arkhan Kaka

Sosok Purwanto Suwondo tengah jadi sorotan setelah selebrasinya yang mirip Bepe ditiru sang anak Arkhan Kaka yang merupakan striker Timnas Indonesia U-16.

Rauhanda Riyantama

Mantan penyerang Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo bersama putranya Arkhan Kaka. (Instagram/purwanto_suwondo150577)
Mantan penyerang Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo bersama putranya Arkhan Kaka. (Instagram/purwanto_suwondo150577)

Bolatimes.com - Mengenal Purwanto Suwondo, ayah dari Arkhan Kaka yang melakukan selebrasi ala Bambang Pamungkas. Siapa sangka, sang ayah dulunya adalah eks rekan Bepe di Persija Jakarta.

Nama Arkhan Kaka menjadi perbincangan usai melanjutkan penampilan impresifnya bersama Timnas Indonesia U-16 kala menghadapi Uni Emirat Arab, Rabu (5/10).

Dalam duel lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-17 2022 grup B itu, Arkhan Kaka menjadi pahlawan kemenangan skuad Garuda Asia atas Uni Emirat Arab dengan skor 3-2.

Arkhan Kaka mampu mencetak dua gol, termasuk gol penentu kemenangan atas Uni Emirat Arab saat laga berjalan imbang 2-2.

Selain karena penampilan impresifnya di laga kontra Uni Emirat Arab, Arkhan Kaka juga menjadi perbincangan karena melakukan selebrasi yang mirip penyerang legendaris Indonesia dan Persija Jakarta, Bambang Pamungkas.

Ia berselebrasi dengan mengayunkan tangan khas mantan penyerang andalan Timnas Indonesia itu usai menjebol gawang Uni Emirat Arab.

Saat ditanyai soal selebrasi itu, Arkhan Kaka mengaku dirinya melakukannya dengan spontan. Apalagi Bepe merupakan sosok yang dihormati olehnya karena sang ayah, Purwanto Suwondo merupakan rekan sang legenda di Persija.

“Soalnya Bepe dulu tandem ayah saya, jadi saya menghargai beliau,”ujar Arkhan Kaka dalam konferensi pers pertandingan.

Lantas, siapakah sosok Purwanto Suwondo selaku ayah dari Arkhan Kaka tersebut? Berikut profilnya.

Mantan penyerang Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo bersama putranya Arkhan Kaka. (Instagram/purwanto_suwondo150577)
Mantan penyerang Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo bersama putranya Arkhan Kaka. (Instagram/purwanto_suwondo150577)

Mantan Penyerang Timnas Indonesia

Purwanto Suwondo merupakan mantan penyerang Timnas Indonesia yang lahir pada 15 Mei 1977 silam di Lampung.

Meski lahir di Lampung, Purwanto mengawali kiprahnya di sepak bola di Blitar. Hal ini lantaran dirinya merupakan pemain keturunan Blitar-Yogyakarta.

Klub pertama yang dibela Purwanto adalah PSBI Blitar 1928. Kiprahnya di sepak bola pun tak begitu saja ditekuninya sejak kecil.

Agar bermain sepak bola, Purwanto mengaku ada dorongan dari sang ayah. Dari sanalah ia kemudian menjadi pesepak bola profesional.

Selama kariernya, Purwanto pernah membela belasan klub di Tanah Air seperti Persija Jakarta, Persitara Jakarta Utara, Persijatim, Pelita Jaya, PSIS Semarang, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, Arema, Persidafon Dafonsoro.

Selain itu, Purwanto juga pernah membela tim-tim asal Pulau Sumatera seperti Lampung Utara, Lampung Tengah, dan Semen Padang.

Dari belasan klub tersebut, hanya Semen Padang yang dinilai Purwanto sangat berkesan. Sebab, dari klub Kabau Sirah itu, ia berhasil menembus Timnas Indonesia.

Purwanto berhasil menembus Timnas Indonesia kala itu setelah dirinya mampu menorehkan 18 gol dalam satu musim kompetisi.

Adapun di Timnas Indonesia, Purwanto pernah membela tim Merah Putih di ajang SEA Games yang digelar di Malaysia dan Vietnam.

Bahkan ia turut dibawa saat Timnas Indonesia melakoni laga internasional yang digelar di kawasan Asia dan juga Eropa.

Di Timnas Indonesia sendiri, Purwanto bermain bersama nama-nama beken lainnya. Selain Bepe, ada pula Elie Aiboy dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini