Profil Purwanto Suwondo, Mantan Rekan Setim Bepe di Persija yang Selebrasinya Ditiru Sang Anak Arkhan Kaka

Sosok Purwanto Suwondo tengah jadi sorotan setelah selebrasinya yang mirip Bepe ditiru sang anak Arkhan Kaka yang merupakan striker Timnas Indonesia U-16.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 06 Oktober 2022 | 14:03 WIB
Mantan penyerang Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo bersama putranya Arkhan Kaka. (Instagram/purwanto_suwondo150577)

Mantan penyerang Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo bersama putranya Arkhan Kaka. (Instagram/purwanto_suwondo150577)

Bolatimes.com - Mengenal Purwanto Suwondo, ayah dari Arkhan Kaka yang melakukan selebrasi ala Bambang Pamungkas. Siapa sangka, sang ayah dulunya adalah eks rekan Bepe di Persija Jakarta.

Nama Arkhan Kaka menjadi perbincangan usai melanjutkan penampilan impresifnya bersama Timnas Indonesia U-16 kala menghadapi Uni Emirat Arab, Rabu (5/10).

Dalam duel lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-17 2022 grup B itu, Arkhan Kaka menjadi pahlawan kemenangan skuad Garuda Asia atas Uni Emirat Arab dengan skor 3-2.

Baca Juga: Arkhan Kaka Top Skor Sementara Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Media Vietnam: Bersinar

Arkhan Kaka mampu mencetak dua gol, termasuk gol penentu kemenangan atas Uni Emirat Arab saat laga berjalan imbang 2-2.

Selain karena penampilan impresifnya di laga kontra Uni Emirat Arab, Arkhan Kaka juga menjadi perbincangan karena melakukan selebrasi yang mirip penyerang legendaris Indonesia dan Persija Jakarta, Bambang Pamungkas.

Ia berselebrasi dengan mengayunkan tangan khas mantan penyerang andalan Timnas Indonesia itu usai menjebol gawang Uni Emirat Arab.

Baca Juga: Bukan Cedera, Alasan Chanathip Songkrasin Tolak Tampil di Piala AFF 2022 Bersama Timnas Thailand

Saat ditanyai soal selebrasi itu, Arkhan Kaka mengaku dirinya melakukannya dengan spontan. Apalagi Bepe merupakan sosok yang dihormati olehnya karena sang ayah, Purwanto Suwondo merupakan rekan sang legenda di Persija.

“Soalnya Bepe dulu tandem ayah saya, jadi saya menghargai beliau,”ujar Arkhan Kaka dalam konferensi pers pertandingan.

Lantas, siapakah sosok Purwanto Suwondo selaku ayah dari Arkhan Kaka tersebut? Berikut profilnya.

Baca Juga: Soroti 3 Nama, Pelatih UEA Kesulitan Pilih Pemain Terbaik dari Timnas Indonesia U-16

Mantan penyerang Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo bersama putranya Arkhan Kaka. (Instagram/purwanto_suwondo150577)
Mantan penyerang Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo bersama putranya Arkhan Kaka. (Instagram/purwanto_suwondo150577)

Mantan Penyerang Timnas Indonesia

Purwanto Suwondo merupakan mantan penyerang Timnas Indonesia yang lahir pada 15 Mei 1977 silam di Lampung.

Meski lahir di Lampung, Purwanto mengawali kiprahnya di sepak bola di Blitar. Hal ini lantaran dirinya merupakan pemain keturunan Blitar-Yogyakarta.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 Dibobol Dua Gol oleh UEA, Bima Sakti Soroti Hal Ini Jelang Lawan Palestina

Klub pertama yang dibela Purwanto adalah PSBI Blitar 1928. Kiprahnya di sepak bola pun tak begitu saja ditekuninya sejak kecil.

Agar bermain sepak bola, Purwanto mengaku ada dorongan dari sang ayah. Dari sanalah ia kemudian menjadi pesepak bola profesional.

Selama kariernya, Purwanto pernah membela belasan klub di Tanah Air seperti Persija Jakarta, Persitara Jakarta Utara, Persijatim, Pelita Jaya, PSIS Semarang, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, Arema, Persidafon Dafonsoro.

Selain itu, Purwanto juga pernah membela tim-tim asal Pulau Sumatera seperti Lampung Utara, Lampung Tengah, dan Semen Padang.

Dari belasan klub tersebut, hanya Semen Padang yang dinilai Purwanto sangat berkesan. Sebab, dari klub Kabau Sirah itu, ia berhasil menembus Timnas Indonesia.

Purwanto berhasil menembus Timnas Indonesia kala itu setelah dirinya mampu menorehkan 18 gol dalam satu musim kompetisi.

Adapun di Timnas Indonesia, Purwanto pernah membela tim Merah Putih di ajang SEA Games yang digelar di Malaysia dan Vietnam.

Bahkan ia turut dibawa saat Timnas Indonesia melakoni laga internasional yang digelar di kawasan Asia dan juga Eropa.

Di Timnas Indonesia sendiri, Purwanto bermain bersama nama-nama beken lainnya. Selain Bepe, ada pula Elie Aiboy dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak