Bolaindonesia

Deretan Prestasi Mohammad Hashemzadeh bersama Timnas Futsal Indonesia

Mohammad Hashemzadeh bawa Timnas Futsal Indonesia bersinar.

Husna Rahmayunita

Pelatih timnas Futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh saat ditemui di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Rabu (7/9/2022). (Bolatimes.com/Arif Budi)
Pelatih timnas Futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh saat ditemui di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Rabu (7/9/2022). (Bolatimes.com/Arif Budi)

Bolatimes.com - Mohammad Hashemzadeh gagal membawa Timnas Futsal Indonesia melangkah lebih jauh pada ajang Piala Asia Futsal 2022 setelah gugur di babak delapan besar.

Setelah tampil impresif sepanjang penyisihan grup dengan menempati peringkat kedua Grup C di bawah Iran, langkah Timnas Garuda terhenti di babak perempat final.

Pada pertandingan yang berlangsung di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait, Selasa (4/10/2022) malam WIB, Timnas Futsal Indonesia kalah dengan skor 2-3 dari Jepang.

Dengan hasil itu, Timnas Futsal Indonesia tersingkir dari Piala Asia Futsal 2022. Syauqi Saud dkk sebetulnya bermain cukup apik di babak pertama. 

Setelah sempat unggul 1-0 lebih dulu, Timnas Futsal Indonesia kebobolan 3 gol beruntun. Indonesia sempat menipiskan skor menjadi 2-3 dan mencetak gol di detik akhir, tapi wasit menganulir gol tersebut karena waktu dianggap telah habis.

Meski kembali harus menelan pil pahit di Piala Asia Futsal, kiprah Timnas Futsal Indonesia di ajang ini mendapat banyak pujian dan apresiasi.

Bukan tanpa sebab, datang dengan banyak pilar yang harus absen karena cedera, Timnas Futsal Indonesia justru bisa memberi kejutan dengan lolos ke babak gugur.

Hal ini menunjukkan bahwa futsal Indonesia telah mengalami perkembangan sangat pesat di bawah kepemimpinan Mohammad Hashemzadeh.

Lantas, apa saja prestasi Mohammad Hashemzadeh selama menukangi Timnas Futsal Indonesia?

1. Lolos ke Babak Knockout Piala Asia 2022

Timnas Futsal Indonesia di bawah kepemimpinan Hashemzadeh berhasil menciptakan sejarah dengan lolos ke babak gugur Piala Asia 2022.

Ini menjadi kali pertama Timnas Futsal Indonesia lolos hingga babak knockout. Dalam 9 keikusertaan sebelumnya, Timnas Futsal Indonesia tak pernah lolos dari fase grup.

2. Ranking Indonesia Naik Pesat

Sederet hasil positif yang didapatkan Timnas Futsal Indonesia akhirnya berpengaruh pada peringkat mereka di ranking futsal dunia.

Dalam ranking Futsal terbaru per 4 Oktober 2022, peringkat Timnas Futsal Indonesia di posisi 38 dunia dengan mengumpulkan nilai 1124 poin. Ranking Timnas Futsal Indonesia menggusur Australia yang turun satu tingkat dengan mengumpulkan 1119.

Jika dihitung dari Desember 2021, ranking Timnas Futsal Indonesia mengalami kenaikan 10 tingkat dari 48 dunia. Dengan peringkat ini, Indonesia juga berada di peringkat ke-5 dari 10 besar futsal Asia.

3. Runner-up Piala AFF 2022

Dalam ajang resmi pertamanya sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh mampu membawa Timnas Garuda menembus final Piala AFF 2022.

Sayangnya Timnas Futsal Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah Thailand setelah kalah 3-5 di babak adu penalti.

4. Juara MNC Futsal Internasional Cup 2022

Dalam rangka persiapan menuju Piala Futsal Asia 2022, Timnas Futsal Indonesia berpartisipasi di kejuaraan MNC Futsal International Cup 2022 di Yogyakarta.

Timnas Futsal Indonesia sendiri berhasil keluar sebagai kampiun setelah mengalahkan Thammasat Stallion di partai final.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini