Bolaindonesia

Bangga! Ranking Timnas Futsal Indonesia Naik ke Jajaran 5 Besar Asia, Langkahi Australia dan Vietnam

Peringkat Timnas Futsal Indonesia tembus lima besar Asia

Irwan Febri Rialdi

Timnas Futsal Indonesia. (Dok. AFC)
Timnas Futsal Indonesia. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Meski gagal melaju ke semifinal Piala Asia Futsal 2022, timnas futsal Indonesia sukses mendapatkan berkah karena rankingnya mengalami peningkatan yang membanggakan.

Sebab, menurut informasi yang diberikan oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI), ranking timnas futsal Indonesia meningkat satu strip dari posisi sebelumnya.

Yang terbaru, timnas futsal Indonesia sukses menggeser Australia di peringkat kelima. Saat ini, skuad Garuda masuk lima besar dengan perolehan 1124 poin.

“Rangking Indonesia, dilansir dari futsalworldranking.com per 4 Oktober 2022,” tulis akun Twitter resmi milik Federasi Futsal Indonesia.

“Indonesia berada di ranking 5 besar futsal Asia! Naik satu peringkat, Indonesia di posisi 5 dan berhasil menggeser Australia. Bravo, Garuda! Semangat,” lanjutnya

Keberhasilan timnas futsal Indonesia memperbaiki posisinya di ranking futsal Asia ini tak terlepas dari pencapaian mereka di Piala Asia Futsal 2022.

Tergabung di Grup C, anak asuh Mohammed Hashemzadeh sukses meraih dua kemenangan atas Cina Taipei (4-1) dan Lebanon (7-2), tapi mereka sempat menelan satu kekalahan melawan Iran (0-5).

Dengan hasil enam poin dari tiga pertandingan ini, timnas futsal Indonesia sukses merebut tiket ke perempat final sebagai runner-up Grup C Piala Asia Futsal 2022.

Sebagai informasi, ini adalah keberhasilan pertama timnas futsal Indonesia sepanjang sejarah partisipasinya di ajang Piala Asia Futsal.

Sebab, dari sembilan edisi sebelumnya, timnas futsal Indonesia hanya berakhir di fase grup, alias selalu gagal lolos ke fase gugur.

Sayangnya, timnas futsal Indonesia harus mengakhiri perjuangannya setelah tumbang dari Jepang pada babak perempat final Piala Asia 2022.

Dalam duel yang berlangsung di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City, Selasa (4/1/2022) itu, timnas futsal Indonesia kalah tipis dengan skor 2-3 dari Jepang.

Meskipun demikian, kekalahan ini memang cukup bisa dimaklumi. Sebab, Jepang adalah negara terkuat nomor dua di Asia. Pada edisi sebelumnya, mereka juga berstatus sebagai runner-up setelah kalah dari Iran di partai final.

Berikut Ranking Timnas Futsal Indonesia di Level Asia:

1. Iran (1578 Poin)

2. Jepang (1323 Poin)

3. Thailand (1286 Poin)

4. Uzbekistan (1260 Poin)

5. INDONESIA (1124 Poin)

6. Australia (1119 Poin)

7. Vietnam (1096 Poin)

8. Irak (1062 Poin)

9. Kuwait (1056 Poin)

10. Kyrgyzstan (1049 Poin)

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini